Perlukah Beli Ponsel 5G Sekarang, Ini Kata Pakar

okezone | Teknologi | Published at 13/07/2021 08:23
Perlukah Beli Ponsel 5G Sekarang, Ini Kata Pakar

JAKARTA - Beberapa dari Anda mungkin sedang menimbang-nimbang untuk membeli ponsel 5G. Terlebih jaringan 5G sudah mulai digelar di beberapa titik di Jakarta.

Selain itu, vendor-vendor juga sudah berlomba menjual ponsel 5G di pasar Tanah Air. Lalu perlukah membeli ponsel 5G sekarang? Pengamat Ponsel, Herry SW justru mempertanyakan apakah calon pembeli memang ingin mengganti ponsel lama dengan yang baru atau hanya 'ngiler' menjajal 5G.

"Kalau saya gini ketika kita ingin mengganti ponsel lama yang udah jelek dan kebetulan ponsel sudah 5G enggak ada masalah. Anggap saja 5G-nya itu bonus," kata Herry saat dihubungi Okezone, Selasa (13/7/2021).

"Tapi kalau memang hanya untuk mencoba 5G, lebih baik jangan," imbuhnya.

Terlebih menurutnya jaringan 5G saat ini masih sangat terbatas di beberapa wilayah saja. Selain itu, kecepatannya pun belum secepat yang dijanjikan jaringan 5G. Namun bila memang kepincut untuk membeli ponsel 5G. Dia menyarankan agar pembeli juga jeli dengan spesifikasi.

Pasalnya ada beberapa ponsel 5G yang dijual lebih murah namun memang ada beberapa spesifikasi yang diturunkan. "Kalau kita enggak ngikutin pasar mungkin bingung kok lebih murah, tapi sebenarnya ada yang dipangkas," katanya.

Disisi lain, Pakar Telekomunikasi, Heru Sutadi lebih menekankan kepada ketersediaan 5G yang masih minim di Indonesia. Dia menyarankan agar pembeli untuk memastikan apakah jaringan 5G sudah ada diwilayahnya. Pasalnya seperti disebutkan tadi jaringan 5G memang belum menyeluruh di Indonesia.

"Kalau belum ya tidak usah. Tunggu saja sampai sinyal 5G operator ada di daerah atau wilayah kita menggunakan 5G agar lebih maksimal," kata Heru.

Untuk diketahui, jaringan 5G di Indonesia memang baru tersedia di beberapa titik di Jakarta. Seperti halnya operator pelat merah, Telkomsel baru menghadirkan 5G di enam wilayah residensial di DKI Jakarta dan Tangerang Selatan, yakni Alam Sutera, Bumi Serpong Damai (BSD), Pantai Indah Kapuk, (PIK), Kelapa Gading, Pondok Indah, dan Widya Chandra.

Artikel Asli