Apa itu Google Drive dan Fungsinya?

Teknologi | trikinet.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:10
Apa itu Google Drive dan Fungsinya?

Mengenal lebih jauh apa itu Google Drive dan apa saja fungsinya akan membuat Anda mudah memahami dan juga menggunakannya. Sebagai fitur gratis yang sudah ada di hampir semua smartphone, Google Drive adalah pilihan yang paling dekat dengan kita.

Aktivitas penyimpanan data kini rasanya dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menggunakan Google Drive. Google Drive menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang yang mencari layanan penyimpanan data.

Akibat banyaknya keperluan data yang dibutuhkan saat ini, membuat banyak orang mencari aplikasi ataupun software yang dapat digunakan untuk menyimpan data-data mereka secara aman.

Pengertian Google Drive

Google Drive merupakan layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki.

Dapat digunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis, Google Drive memberikan fasilitas layanan penyimpanan data dengan maksimum kapasitas 15 GB. Namun, Google Drive juga menyediakan layanan berbayar apabila Anda merasa kurang cukup dengan 15 GB penyimpanan, Anda dapat melakukan upgrade penyimpanannya menjadi 100 GB, 200 GB, bahkan hingga 2 TB.

Fungsi Google Drive

Selain memiliki fungsi utama sebagai layanan penyimpanan file, Google Drive juga memiliki fungsi lain yang dapat dirasakan oleh pengguna, berikut beberapa fungsi yang ditawarkan oleh Google Drive :

Menyimpan file

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi umum dan utama dari Google Drive adalah untuk menyimpan berbagai data penggunanya. Mulai dari data yang bersifat umum hingga pribadi, kita dapat menyimpannya di Google Drive.

Dalam laman resmi Google Drive, Google menyatakan file yang kita simpan akan tersimpan dengan aman di Google Drive. Dan segala sesuatu yang kita unggah atau buat dalam Drive adalah milik kita dan otomatis disetel hanya untuk pribadi, kecuali jika kita memutuskan untuk berbagi file tersebut kepada orang lain.

Sejatinya, kita akan dengan sangat mudah menggunakan Google Drive apabila kita sudah memiliki akun Google. Akun Google yang telah kita miliki dilengkapi dengan 15 GB penyimpanan gratis untuk digunakan di Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Namun, jika Anda merasa tidak puas, Anda dapat membeli penyimpanan yang lebih besar di Google Drive, atau melakukan upgrade ke Google One.

Berikut cara membeli penyimpanan yang lebih besar dengan Google One

  • Pastikan Anda telah login ke Akun Google milikAnda.
  • Kunjungi situs resmi Google One di laman ini.
  • Pilih paket penyimpanan yang sesuai dengan keinginan Anda dengan harga mulai dari Rp.26.900/bulan hingga Rp135.000/bulan.

Setelah melakukan upgrade, langganan Google One menggantikan paket penyimpanan Drive Anda saat ini.

apa itu google drive dan fungsinya

Berbagi File

Fungsi Google Drive ke-2 yang dapat Anda gunakan adalah berbagi file dengan orang-orang tertentu sesuai dengan keinginan Anda.

Dalam fitur ini, Google Drive memungkinkan Anda untuk dapat mengundang orang lain dengan cepat untuk memberi komentar, mengedit file atau folder, atau bahkan hanya untuk sekedar melihat file atau folder yang kita pilih.

Menyimpan Link

Google Drive dapat menyimpan link suatu situs yang sewaktu-waktu ingin kita buka kembali. Hal ini tentu dapat mempermudah kita sehingga kita tidak perlu lagi merasa kesulitan untuk mengcopy paste link tersebut di catatan.

Fungsi ini dapat Anda nikmati jika Anda telah memasang ekstensi Google Drive yang ada di Google Chrome Anda. Klik ikon segitiga yang berada pada browser untuk menyimpan link yang dibuka saat itu. Atau jika link tersebut berada pada tengah halaman, Anda bisa menyimpannya dengan cara klik kanan pada link, lalu pilih Save Link to Google Drive.

Backup File

Melakukan back up file memang menjadi hal penting yang harus dilakukan. Karena kita tidak pernah tahu apakah perangkat yang kita gunakan sewaktu-waktu mengalami kerusakan atau tidak. Dalam hal ini, Google Drive memberikan solusi dengan menghadirkan fungsi backup file.

Dengan Google Drive Anda dapat membackup semua dokumen yang ada di perangkat komputer dan ponsel Anda tanpa menggunakan penyimpanan fisik yang biasanya juga sering terkena virus.

Backup Chat WhatsApp

Fungsi Google drive selanjutnya yang mungkin jarang diketahui banyak orang adalah bahwa Google Drive berfungsi untuk mencadangkan chat dan media WhatsApp ke Google Drive.

Berikut cara-caranya :

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih menu Setelan
  • Klik menu Chat
  • Lalu pilih Cadangan chat
  • Ketuk Cadangkan ke Google Drive dan pilih frekuensi cadangan selain Jangan pernah.
  • Pilih akun Google yang akan digunakan untuk mencadangkan riwayat chat Anda.
  • Jika tidak memiliki akun Google yang terhubung, ketuk Tambahkan akun ketika diminta dan masukkan informasi Anda.
  • Ketuk Cadangkan lewat untuk memilih jaringan yang ingin Anda gunakan untuk melakukan pencadangan. Anda bisa menggunakan jaringan WiFi jika data yang dicadangkan berukuran besar.

Selengkapnya bisa dibaca di tutorial: [Panduan Pemula] Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp

Membuat Catatan dari Google Keep

Tidak dapat dipungkiri bahwa hampir seluruh masyarakat kini menggunakan gadget dalam kegiatan mereka sehari-hari. Dalam menjalankannya, tatkala mereka membutuhkan aplikasi pencatat untuk bisa mencatat atau menulis suatu hal penting yang diperlukan.

Dalam kondisi seperti ini, Google Drive dapat membantu Anda menyimpan catatan Anda dengan menggunakan Google Keep.

Melalui Google Keep, Anda dapat mencatat sesuatu ataupun hal penting yang Anda perlukan. Hal ini tentu membuat Anda tidak perlu lagi untuk mengunduh aplikasi pencatat pada gadget milik Anda.

Mengedit File

Fungsi lain dari Google Drive yang juga jarang diketahui oleh banyak orang adalah mengedit file. Melalui Google Drive, Anda dapat mengedit file seperti Word, Excel, atau Power Point yang akan tersimpan secara otomatis pada Google Drive Anda.

Selain dapat dilakukan sendirian, Anda juga dapat mengeditnya bersama dengan orang lain. Sebagai contoh, Anda dapat mengerjakan file Microsoft Office tanpa perlu mengonversi format file, serta mengedit dan menyimpan lebih dari 100 jenis file tambahan, termasuk PDF, file CAD, gambar, dan lainnya.

Bagaimana cara menggunakan Google Drive, silahkan baca di artikel ini: Cara Upload File ke Google Drive dari Smartphone dan PC

Referensi

Artikel Asli