Begini Cara Pulihkan Akun WhatsApp yang Diretas

Teknologi | okezone | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:00
Begini Cara Pulihkan Akun WhatsApp yang Diretas

RISIKO kehilangan akun media sosial tentu selalu menjadi hal yang perlu diwaspadai. Apalagi yang disebabkan oleh modus phising.

Phising sendiri adalah modus yang digunaka untuk membajak atau mengambil alih akun seseorang dengan cara penipuan. Misalnya membajak akun WhatsApp.

WhatsApp

Ada banyak teknik dan modus phishing. Umumnya, teknik penipuan ini berupaya memengaruhi sisi emosional agar terpancing ke dalam jebakan, atau berpura-pura menjadi seseorang yang kita kenal lalu meminta uang atau menawarkan bantuan tertentu.

Ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan agar terhindar dari jebakan phishing, diantaranya adalah mengganti kata sandi akun secara rutin dan tidak memberikan detail login akun kepada siapapun. Selain itu, hindari menerima permintaan pertemanan dari orang tak dikenal, dan laporkan ke platform jika menerima email atau pesan yang mencurigakan.

Lalu, bagaimana kalau sudah terlanjut terjebak modus phishing dan akun WhatsApp telah diambil alih atau di-hack pihak tak bertanggung jawab?

1. Segera lakukan verifikasi dengan masuk ke aplikasi WhatsApp dan masukkan nomor ponsel yang terdaftar.

2. Setelah verifikasi, Anda akan menerima kode 6 angka via SMS. Masukkan kode tersebut ke aplikasi WhatsApp.

3. WhatsApp biasanya akan meminta kode Autentikasi Dua Langkah. Namun jika pengguna belum mengaktifkannya, akses kembali ke WhatsApp akan diterima 7 hari setelah proses verifikasi nomor.

Artikel Asli