Keren! Windows 11 Support Aplikasi Android Tanpa Emulator

technologue.id | Teknologi | Published at 28/06/2021 13:00
Keren! Windows 11 Support Aplikasi Android Tanpa Emulator

Technologue.id , Jakarta Windows 11 resmi diumumkan. Sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini hadir dengan kemampuan menjalankan aplikasi Android tanpa tambahan emulator.

Untuk diketahui, saat ini aplikasi Android hanya bisa dijalankan di Windows menggunakan emulator. Adapun emulator yang kerap digunakan adalah Bluestacks dan juga Nox.

Di Windows 11 ini, aplikasi Android akan tersedia di Microsoft Store, dan pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi-aplikasi ini melalui Amazon App store, sebagai wujud kemitraan Microsoft dengan Amazon.

Sederet Pembaruan di Windows 11


Dalam acara pengumuman, Microsoft memamerkan kemampuan Windows 11 dalam menjalankan aplikasi TikTok. Mereka juga memamerkan sejumlah aplikasi lainnya seperti Ring, Yahoo, hingga Uber.

Untuk mendukung kemampuan penggunaan aplikasi Android ini, Microsoft bekerja sama dengan Intel, dengan menggunakan teknologi Intel Bridge. Juru bicara Intel mengatakan bahwa pihaknya menganggap penting kolaborasi ini.

Intel menganggap pentingnya memberikan kemampuan ini ke semua platform x86 dan mendesain teknologi Intel Bridge untuk mendukung semua platform x86 (termasuk platform AMD), dikutip dari The Verge, Senin (28/6/2021).

Mau Instal Windows 11, Ini Syaratnya


Menurut Intel, teknologi Bridge adalah sebuah run-time post compiler yang bisa menerjemahkan aplikasi yang dibuat untuk platform selain x86. Dalam kasus ini Android menjadi instruksi x86 yang dikenal oleh prosesor Intel ataupun AMD.

Tapi perlu diketahui, Windows 11 baru akan bisa didownload kemungkinan sekitar bulan November atau Desember, dan akan berlanjut hingga 2022. Jadi, perlu sabar dulu.

Artikel Asli