Saingi WhatsApp, Telegram Luncurkan Fitur Panggilan Video

katadata.co.id | Teknologi | Published at 28/06/2021 10:08
Saingi WhatsApp, Telegram Luncurkan Fitur Panggilan Video

Perusahaan aplikasi percakapan Telegrammeluncurkan fitur panggilan video ( video call ) pada akhir pekan lalu. Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan panggilan video selama pandemi corona. Selain itu, kehadirannya juga untuk bersaing dengan aplikasi serupa, WhatsApp.

Melalui fitur itu, panggilan suara dapat diubah menjadi panggilan video. Pengguna tinggal mengetuk ikon kamera untuk mengaktifkan perangkat video. Selain mengobrol melalui panggilan video, pengguna juga dapat membagikan layar mereka selama panggilan video.

Telegram mengatakan, jumlah pengguna untuk panggilan suara secara grup tidak terbatas jumlah pesertanya. Namun, apabila menggunakan panggilan video secara grup untuk pertemuan daring, dibatasi hanya 30 orang saja.

"Telegram berencana untuk meningkatkan jumlah peserta dengan segera," kata perusahaan dalam pengumumannya dikutip dari The Verge pada akhir pekan lalu (26/6).

Selain fitur panggilan video, Telegram juga menambahkan beberapa fitur baru lainnya, seperti peningkatan peredam bising, dan latar belakang animasi. Pengguna Telegram dapat memilih opsi latar belakang secara default atau membuat latar belakang animasi merekasendiri.

CEO Telegram Pavel Durov mengatakan, perusahaan meluncurkan fitur panggilan video karena permintaan layanan itu tinggi selama pandemi. Pada awal pandemi tahun lalu, beberapa layanan video untuk pertemuan mengalami lonjakan.

Berdasarkan analisis JP Morgan, jumlah pengguna aktif harian Zoom naik 378% secara tahunan (year on year/yoy) pada Maret 2020. Berdasarkan data Apptopia, pengguna aktif bulanan pun naik 186%.

Microsoft Corporation mengatakan pengguna Skype bahkan naik hingga 70%. Microsoft menyatakan, dalam sebulan terakhir terdapat 40 juta orang yang menggunakan layanan Skype. Selain itu, panggilan antar pengguna Skype melonjak 220% dibanding bulan sebelumnya.

Fitur Panggilan WhatsApp

Selain karena tren layanan video, perusahaan juga meluncurkan fitur ini untuk bersaing dengan WhatsApp. Pavel mengatakan, sejak Januari perusahaan telah menggaet 500 juta pengguna aktif. Banyak di antara pengguna Telegram itu datang setelah WhatsApp memperkenalkan kebijakan privasi baru.

Kebijakan baru WhatsApp untuk berbagi data dengan Facebook menuai kontroversi. Sehingga jutaan penggunanya memilih hengkang dan beralih ke aplikasi pesan instan lain, seperti Telegram dan Signal.

Namun, tetap saja Telegram tertinggal dari WhatsApp. Aplikasi besutan Facebook itu telah memiliki 2 miliar pengguna. Sedangkan, fitur panggilan WhatsApp telah ada sejak 2018.

Kini, WhatsApp bisa digunakan untuk panggilan video hingga delapan perangkat. WhatsApp juga mengembangkan agar fitur panggilan video bisa terhubung dengan Messenger Rooms dari Facebook. Layanan terintegrasi ini dapat menampung hingga 50 orang dalam sekali video call.

Artikel Asli