Loading...
Loading…
Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Barunya

Windows 11 Resmi Dirilis, Ini Deretan Fitur Barunya

Teknologi | sindonews | Jumat, 25 Juni 2021 - 14:09

REDMON - Microsoft akhirnya resmi mengumumkan sistem operasi desktop anyar, Windows 11. Perusahaan mengatakan, fokus Windows 11 saat ini adalah pada penyederhanaan tampilan interface, Microsoft Store, dan peningkatan kerja multitasking.

Versi baru ini membawa beberapa peningkatan, termasuk UI yang didesain ulang, fitur manajemen window yang diperbarui, dan bahkan dukungan untuk aplikasi Android.

Melihat tampilan yang diluncurkan, Windows 11 menghadirkan posisi Start di tengah-tengah taskbar. Tampilan UI ini sebelumnya ditemukan pada bocoran proyek Windows 10X yang kemudian dibatalkan.

BACA: Microsoft Tuding Hacker Rusia Serang Akun Kelompok HAM AS

Lalu apa saja deretan fitur barunya? Dirangkum dari laman The Verge , Jumat (25/6/2021), berikut detailnya.

1. Snap Layout

Salah satu hal baru yang diperkenalkan adalah fitur yang disebut Snap Layout atau dukungan multi-monitor. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka banyak aplikasi sekaligus dengan koneksi ke layar eksternal dari laptop.

Sistem akan mengingat lokasi aplikasi yang dibuka pada layar terpisah tersebut dan tidak mengganggu layout layar utama. Posisi aplikasi itu akan kembali ketika pengguna melakukan koneksi ulang ke monitor.

Baca Juga :
3 Langkah menginstal Windows 11, langsung bisa dicoba tanpa repot

2. Microsoft Teams di Windows 11

Microsoft juga mengintegrasikan Microsoft Teams langsung ke Windows 11 untuk konsumen. Teams terintegrasi langsung ke bilah taskbar yang memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menelepon teman, keluarga, atau rekan kerja.

Ini adalah perubahan besar dari Skype sebelumnya yang dibundel sebagai bagian dari Windows 10. Bahkan terdapat tombol bisu universal di sistem tray sehingga pengguna dapat dengan mudah menonaktifkan mikrofon di semua aplikasi.

3. Widgets dan gerakan sentuh

Tambahan lainnya adalah Widgets dan gerakan sentuh juga merupakan bagian besar dari Windows 11. Widgets telah didukung konten yang dipersonalisasi dan dilengkapi dukungan AI. Widgets muncul pada sisi kiri Windows 11 dan bisa diatur sesuai keinginan pengguna.

Widgets bawaan mencakup linimasa berita terkini, informasi cuaca, dan tampilan kalender. Menariknya, ini juga menyertakan fitur yang memungkinkan pengguna memberi tip kepada pembuat konten lokal langsung dari dalam Windows 11.

Microsoft juga meningkatkan gerakan yang dapat digunakan di tablet dan touch target. Alih-alih beralih ke mode tablet, Windows 11 hanya beradaptasi dengan memungkinkanpengguna menyentuh OS dengan mudah.

Baca Juga :
Catat! Windows 11 Akan Tersedia Mulai 5 Oktober 2021

4. Voice Typing dan Stylus

Peningkatan selanjutnya ada pada perangkat stylus tambahan dan voice typing. Pada perangkat stylus tertentu, itu bisa mendukung umpan balik (feedback) haptic.

Kemudian, Windows 11 hadir dengan kemampuan voice typing yang telah ditingkatkan sehingga mampu mengenali suara penggunanya.

5. Gaming

Microsoft juga menjanjikan peningkatan kecepatan dan kinerja untuk Windows 11. DirectStorage akan menjadi bagian dari Windows 11, fitur baru dari Xbox Series X / S.

DirectStorage akan memerlukan drive NVMe terbaru untuk mempercepat waktu pemuatan game di Windows 11, dan pengembang game perlu mengaktifkan teknologi ini untuk meningkatkan waktu muat.

Xbox Game Pass juga sedang diintegrasikan ke dalam Windows 11, berkat aplikasi Xbox baru yang telah diuji perusahaan selama berbulan-bulan. Ini juga termasuk xCloud yang terintegrasi ke dalam aplikasi Xbox , sehingga pengguna juga dapat melakukan streaming game dari cloud Microsoft.

6. Toko aplikasi Windows 11 baru dengan aplikasi Android

Terakhir, salah satu bagian terbesar dari Windows 11 adalah penyimpanan dan dukungan baru untuk aplikasi Android di Windows.

Microsoft Store didesain ulang dan akan mendukung seluruh host aplikasi yang biasanya tidak tersedia di toko aplikasi Windows. Itu termasuk aplikasi dari Adobe Creative Suite, dan aplikasi Android termasuk TikTok dan Instagram.

Original Source

Topik Menarik