Korsel Tandatangani Artemis Accord NASA

Teknologi | inewsid | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 10:02
Korsel  Tandatangani Artemis Accord NASA

CALIFORNIA, iNews.id - NASA telah mengumumkan Korea Selatan (Korsel) kini termasuk di antara negara-negara yang menandatangani Artemis Accords. Korsel bergabung dengan negara lain seperti Inggris, UEA, Jepang, Kanada, Australia, dan banyak lagi.

NASA pertama kali mengumumkan Artemis Accords pada Oktober 2020 dengan total sembilan negara di dalamnya, termasuk Amerika Serikat (AS). Korsel adalah negara ke-10 yang bergabung dan yang pertama melakukannya di bawah pemerintahan Joe Biden, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Jumat (28/5/2021).

Artemis Accords didirikan untuk memandu kegiatan kerja sama di masa depan. NASA menjelaskan perjanjian tersebut mencakup hal-hal seperti semua kegiatan program Artemis yang bersifat damai, interoperabilitas antara negara yang berpartisipasi, perjanjian untuk menawarkan bantuan darurat bila diperlukan, kesepakatan untuk diikuti Registration Convention, pembuangan puing-puing yang aman akibat akivitas, dan banyak lagi.

"Saya senang Republik Korea telah berkomitmen pada Artemis Accords. Tanda tangan mereka menunjukkan momentum yang kuat di seluruh dunia dalam mendukung pendekatan eksplorasi Bulan ke Mars. Bermitra di luar angkasa akan memastikan misi kami dijalankan sesuai dengan prinsip universal yang penting seperti transparansi, keselamatan, dan eksplorasi damai, yang sangat penting untuk memastikan masa depan yang aman dan sejahtera di luar angkasa untuk semua," kata NASA

NASA bertujuan untuk bekerja dengan badan antariksa yang baru muncul selain dengan mitranya yang lebih tua dan lebih mapan, mencatat bahwa hal itu akan membuat program Artemis menguntungkan secara global sambil meningkatkan kemampuan program.

Artikel Asli