4 Fitur Baru dari Google Maps, Live View hingga Area Busyness!

Teknologi | jatimtimes.com | Published at Jumat, 28 Mei 2021 - 08:16
4 Fitur Baru dari Google Maps, Live View hingga Area Busyness!

INDONESIATIMES - Google Maps merupakan aplikasi andalan untuk menavigasikan perjalanan di Andorid maupun IOs. Untuk lebih membantu para pengguna, belum lama ini muncul beberapa fitur baru dari Google Maps.

Aplikasi Google Maps memudahkan Anda untuk mencari lokasi suatu tempat atau tujuan perjalanan. Tak heran jika aplikasi yang diusung raksasa digital Google ini selalu melakukan pembaruan yang lebih canggih.

Lantas apa saja fitur baru dari Google Maps?

Tak cuma untuk menunjukan lokasi, Google Maps ternyata kini bisa membagi berbagai informasi. Beberapa informasi yang diusung Google Maps seperti tampilan lokasi bisnis, rute yang ramah lingkungan, hingga rekomendasi tempat sesuai dengan waktu saat aplikasi diakses.

Melansir melalui laman Indian Express, Google Maps memberikan sejumlah fitur baru, pada Rabu (19/5/2021) lalu. Fitur baru Google Maps ini meliputi peta jalan yang lebih detail, navigasi rute yang akurat, dan live view yang bisa membantu saat pengguna berada di lingkungan baru.

Selain itu, melalui akun Twitter resmi @googlemaps, aplikasi ini turut memperkenalkan fitur barunya. Berikut beberapa fitur terbaru Google Maps:

1. Fitur Live View

Fitur Live View bisa dimanfaatkan bagi pengguna untuk menjelajahi tempat yang belum pernah dikunjungi. Dengan mengusung penanda Augmented Reality (AR), fitur ini dapat membantu pengguna melihat secara nyata tempat yang sedang dikunjungi.

Tak hanya di luar area, live view juga bisa digunakan saat berada di area indoor. Fitur canggih ini sangat membantu pengguna menemukan toilet, ATM, meja tiket, lift, eskalator, peron, dan lainnya.

Nantinya fitur ini akan menampilkan panah dan petunjuk arah untuk mengarahkan pengguna ke lokasi yang tepat. Live view juga akan menampilkan rambu jalan yang berguna untuk persimpangan yang kompleks.

2. Fitur New Routing Updates (Alternatif Rute)

Fitur New Routing Updates (Alternatif Rute) bisa digunakan untuk memilih rute sesuai dengan perkiraan emisi bahan bakar penggunanya. Google Maps juga akan menunjukkan rute prioritas agar menghindari kejadian tak terduga saat perjalanan.

Aplikasi tersebut akan menghitung beberapa faktor dan memberi opsi rute terbaik dan tercepat pagi penggunanya bantuan artificial intelligence (AI).

3. Fitur Highlighting Access

Aplikasi peta ini kian canggih dengan memberikan rekomendasi pencarian kepada pengguna sesuai dengan tempat dan waktu saat aplikasi diakses. Misalnya saja, bila mengakses Google Maps dipagi hari akan direkomendasikan lokasi coffee shop daripada restoran untuk makan malam.

Begitu pun pada saat akhir pekan, Google Maps akan merekomendasikan tujuan objek wisata populer yang bisa dikunjungi pengguna.

4. Fitur 'Area Busyness'

Fitur Area Busyness ini digunakan untuk mengetahui seberapa ramai tempat yang akan dituju. Fitur ini dapat membantu penggunanya untuk menghindari area ramai terlebih saat pandemi Covid-19.

Artikel Asli