2 Aplikasi Silaturahmi Virtual untuk Orang Tua Gaptek

sindonews | Teknologi | Published at 07/05/2021 13:00
2 Aplikasi Silaturahmi Virtual untuk Orang Tua Gaptek

JAKARTA - Lebaran sebentar lagi telah tiba. Meski ada yang tak bisa berkumpul langsung bersama keluarga karena larangan mudik, tetapi masih bisa bersilaturahmi secara virtual.

Mungkin bagi anak-anak muda, silaturahmi virtual adalah cara yang mudah. Tapi belum tentu bagi orang tua. Tak sedikit orang tua yang cenderung gagap teknologi (gaptek), sehingga silaturahmi terkendala.

Tetapi jangan khawatir, ada beberapa aplikasi populer untuk silaturahmi virtual yang bisa diakses oleh orang tua meskipun gaptek. Berikut ini dua rekomendasi aplikasi tersebut.

WhatsApp

Pengguna aplikasi perpesanan satu ini sudah menyentuh berbagai kalangan dan tak memandang usia. Artinya, silaturahmi virtual bisa dilakukan dengan cukup mudah, asal orang tua juga menggunakan WhatsApp.

Sebab, salah satu fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp adalah video call. Cukup melakukan panggilan video, silaturahmi virtual sudah bisa dilakukan dengan tatap muka meski terbatas layar kaca.

Video call di WhatsApp sudah bisa dilakukan sebanyak 8 orang. Tetapi WhatsApp juga menghadirka fitur bernama Messenger Rooms, yang bisa berisi hingga 50 orang.

Zoom

Aplikasi video conference satu ini meroket semenjak pandemi Covid-19 mewabah. Tak heran, saat itu proses transisi dari aktivitas dan pertuman luring menjadi daring.

Bagi orang tua yang cenderung gaptek, silaturahmi dengan Zoom cenderung mudah. Cukup mengunduhnya dan membuat akun, aplikasi sudah bisa digunakan.

Caranya pun tak repot, orang tua cukup dikirimkan tautan untuk bergabung di Room yang sudah dibuat, dan secara otomatis akan bergubung ketika diklik.

Zoom merupakan aplikasi gratis. Setiap pertemuan bisa menampung hingga 100 orang. Tapi ada juga layanan berbayar, yang bisa menampung hingga 1.000 orang.

Tetapi sebagai catatan, dua rekomendasi aplikasi di atas memang tidak bisa diimplementasikan ke semua orang tua. Tergantung dengan kondisi dan situasi, seperti adanya jaringan internet atau kepemilikan perangkat.

Artikel Asli