Gunakan Teknologi Baru, Rover Mars Perseverance Ubah CO2 Jadi Oksigen

Teknologi | inewsid | Published at Kamis, 22 April 2021 - 12:07
Gunakan Teknologi Baru, Rover Mars Perseverance Ubah CO2 Jadi Oksigen

MOUNTAIN VIEW, iNews.id - NASA mengirim rover Perseverance ke Mars dengan beberapa teknologi baru. Salah satunya, perangkat yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen seperti yang dilakukan pohon di Bumi.

Perangkat yang disebut Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE) menarik karbon dioksida dari atmosfer Mars demi menghasilkan oksigen pertamanya pada Selasa. Jumlahnya kecil yakni 5,4 gram, tapi cukup untuk membuat astronot tetap sehat selama 10 menit.

Ini kabar baik untuk prospek pengiriman penjelajah manusia ke Mars. Oksigen membutuhkan banyak ruang di pesawat luar angkasa dan sangat tidak mungkin astronot bisa membawa dalam jumlah banyak ke Mars.

Jadi, astronot perlu menghasilkan oksigen sendiri dari atmosfer Mars, baik untuk bernapas maupun bahan bakar roket guna kembali ke Bumi. "Ini adalah langkah penting pertama dalam mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di Mars," kata Jim Reuter, administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Teknologi Antariksa NASA, dalam siaran pers Rabu.

Ada kotak emas yang menampung eksperimen itu. Ukurannya hanya seukuran baterai mobil, 1 persen dari ukuran perangkat yang sebenarnya ingin dikirim para ilmuwan ke Mars, sebagaimana dikutip Business Insider, Kamis (22/4/2021).

Keturunan MOXIE pada akhirnya dapat menghasilkan oksigen yang cukup, kira-kira 25 metrik ton untuk meluncurkan empat astronot dari permukaan Mars. Menghasilkan oksigen di tempat akan menghemat banyak ruang, berat, bahan bakar, dan uang untuk perjalanan awal ke Mars.

Artikel Asli