Kapsul Crew Dragon NASA Bakali Dipindahkan untuk Bebaskan Port di ISS

Teknologi | inewsid | Published at Senin, 05 April 2021 - 08:05
Kapsul Crew Dragon NASA Bakali Dipindahkan untuk Bebaskan Port di ISS

CALIFORNIA, iNews.id - Pada 5 April, empat astronot akan melakukan relokasi pelabuhan awak komersial pertama Amerika Serikat di International Space Station (ISS). Tujuannya untuk memberi ruang bagi awak baru di akhir bulan.

Relokasi pelabuhan Crew Dragon akan dilakukan oleh tiga astronot NASA, Victor Glover, Shannon Walker, dan Michael Hopkins, bersama astronot JAXA Soichi Noguchi. Menurut NASA, acara tersebut akan melibatkan pelepasan pesawat luar angkasa dari modul ISS Harmony pada pukul 06.29 EST. 

Kemudian, memasangnya di pelabuhan yang menghadap ke luar angkasa pada pukul 07.15 EST. Ada alasan bagus untuk memindahkan Crew Dragon Resilience. Ini akan membebaskan pelabuhan sehingga Crew Dragon Endeavour dapat berlabuh di sana sebagai bagian dari misi SpaceX Crew 2.

Empat astronot, dua dari NASA, satu dari JAXA, dan satu dari ESA akan diluncurkan ke stasiun luar angkasa pada 22 April 2021. Beberapa hari usai kedatangan misi Crew-2, NASA mengatakan para astronot yang diluncurkan sebagai bagian dari misi Crew-1 akan kembali ke Bumi, membebaskan dermaga Harmony. 

Kekosongan itu kemudian akan dapat menampung pesawat luar angkasa kargo Dragon dengan persediaan dan susunan surya saat diluncurkan akhir musim panas ini, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Minggu (4/4/2021).

Usai peristiwa itu terjadi, NASA mengatakan itu akan menandai pertama kalinya relokasi pelabuhan terjadi melibatkan salah satu pesawat luar angkasa komersial Crew Dragon SpaceX. Misi berlangsung di bawah Commercial Crew Program, yang akan melihat total enam misi Crew SpaceX. 

Artikel Asli