PTPN I Regional 4 Targetkan Pencapaian Gemilang di Pasar Ekspor Tembakau 2024, Ini Nilainya

PTPN I Regional 4 Targetkan Pencapaian Gemilang di Pasar Ekspor Tembakau 2024, Ini Nilainya

Ekonomi | surabaya.inews.id | Jum'at, 21 Juni 2024 - 11:40
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kualitas tembakau PTPN I Regional 4 terus membuktikan keunggulannya di panggung internasional. Dengan permintaan yang datang dari negara-negara seperti Filipina, Amerika, Jerman, serta kawasan Eropa dan Amerika Latin, PTPN I Regional 4 optimis mencapai target pemasaran tembakau tahun 2024 sebesar Rp 374,78 miliar.

Target kami tahun 2024 adalah mencapai pendapatan sebesar Rp 374,78 miliar dari ekspor tembakau. Ini bisa tercapai jika produksi tembakau sebanyak 1.061 ton berhasil terpenuhi, ungkap Subagiyo, Region Head PTPN I Regional 4, dalam wawancara pada Kamis (20/06).

Subagiyo menjelaskan, pencapaian ini tidak hanya penting bagi perusahaan, tetapi juga merupakan wujud komitmen PTPN I Regional 4 sebagai BUMN dalam memperkuat neraca perdagangan dan menambah devisa negara, khususnya untuk Jawa Timur. Hingga Mei 2024, berdasarkan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP), PTPN I Regional 4 telah mencapai 41 dari target ekspor, dengan 436 ton tembakau berkualitas tinggi yang sudah diekspor, mencatat pendapatan sebesar Rp 62,14 miliar.

Dengan keyakinan tinggi, Subagiyo menyatakan bahwa 98 dari produksi tembakau mereka akan terserap oleh pasar, menghasilkan laba Aff Kebun sebesar Rp 61 miliar. Untuk memastikan hal ini, sejumlah strategi telah disiapkan baik dari sisi operasional maupun pemasaran.

Dalam aspek operasional, percepatan penyediaan bahan dan sarana produksi menjadi fokus utama. Kami pastikan strategi ini berjalan optimal dengan memperkuat infrastruktur, seperti pembangunan gudang pengering dan pengadaan alat mesin pertanian untuk efisiensi kerja. Selain itu, kami juga melibatkan Pusat Penelitian Tembakau dan QA Kebun Tembakau sebagai verifikator di setiap fase budidaya, jelas Subagiyo.

Di sisi pemasaran, PTPN I Regional 4 menerapkan strategi 4P: Product, Price, Place, dan Promotion. Mereka meningkatkan produksi top grade, menetapkan harga yang kompetitif, serta aktif berpartisipasi dalam misi dagang dan pameran internasional.

Kami juga sedang memperluas pasar ke Turki dan Spanyol, dan berharap strategi-strategi ini dapat mendukung peningkatan kualitas produksi dan pertumbuhan pasar di masa depan, tutup Subagiyo dengan optimisme tinggi.

Dengan langkah-langkah strategis yang matang dan komitmen yang kuat, PTPN I Regional 4 siap mengarungi tantangan pasar global dan terus memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional.

Topik Menarik