Seleksi O2SN 2024 Jawa Timur, Siswa SMK Unjuk Gigi Tunjukkan Keahlian, Begini Serunya

Seleksi O2SN 2024 Jawa Timur, Siswa SMK Unjuk Gigi Tunjukkan Keahlian, Begini Serunya

Terkini | surabaya.inews.id | Jum'at, 21 Juni 2024 - 05:10
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Pendidikan Jawa Timur resmi membuka babak seleksi tingkat provinsi untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 jenjang SMK. Acara bergengsi ini berlangsung mulai Kamis (20/6) hingga Jumat (21/6), menampilkan lima cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni karate, pencak silat, atletik, renang, dan bulu tangkis.

Di aula SMKN 6 Surabaya, cabor karate menjadi pusat perhatian dengan 42 siswa dari berbagai kabupaten/kota yang siap bertarung. Sebanyak 23 putri dan 19 putra menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam dua kategori, Kata dan Komite.

Technical Delegate (TD) Sensei Alexander Sengko menjelaskan, untuk lolos dan memenangi pertandingan, peserta harus unggul di kedua kategori tersebut. "Peserta tidak boleh merupakan juara O2SN tahun lalu atau juara nasional dari kejuaraan resmi," ujar Sensei Alexander.

Sensei Alexander juga menegaskan bahwa pelanggaran teknik, seperti kontak berlebihan yang menyebabkan cedera, tidak diperbolehkan, sesuai dengan aturan World Karate Federation.

"Dalam kategori Komite, poin diperoleh jika pukulan tepat pada sasaran dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Pukulan tepat di tengah atau atas mendapatkan poin 1, tendangan badan poin 2, dan tendangan kepala poin maksimal 3," jelasnya.

Salah satu peserta yang menonjol adalah M Raihan dari Kabupaten Sidoarjo. Dengan penuh semangat, Raihan menceritakan strateginya menggunakan empat jurus andalan, termasuk Kata Gojushiho Dai dan Kata Kankushi.

"Saya berhasil meraih juara 1 di kategori Kata. Sekarang, fokus saya adalah kategori Komite. Saya harus menjadi juara agar bisa mewakili Jawa Timur di tingkat nasional," ujarnya dengan penuh optimisme.

Seleksi O2SN ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan, tetapi juga kesempatan bagi para siswa untuk meraih mimpi di kancah nasional. Dukungan dan semangat dari berbagai pihak menjadikan kompetisi ini semakin menarik dan penuh tantangan. Mari kita tunggu hasil akhir dan siapa yang akan melangkah ke panggung nasional mewakili Jawa Timur

Topik Menarik