Daftar Jenderal dan Komandan Senior Hizbullah yang Tewas Dibunuh Israel

Daftar Jenderal dan Komandan Senior Hizbullah yang Tewas Dibunuh Israel

Global | sindonews | Jum'at, 14 Juni 2024 - 11:34
share

Ada sejumlah jenderal dan komandan senior Hizbullah Lebanon yang tewas akibat serangan Israel. Terbaru, adalah Taleb Abdullah.

Sejak konflik di perbatasan Lebanon pecah, imbas dari perang Israel-Hamas di Gaza, petinggi Hizbullah telah menjadi target pembunuhan pasukan Zionis.

Beberapa di antara mereka yang menjadi target berhasil lolos. Namun, beberapa komandan penting Hizbullah telah terbunuh.

Daftar Jenderal dan Komandan Senior Hizbullah yang Dibunuh Israel

1. Abbas al-Musawi (Sekjen Hizbullah)

Abbas al-Musawi adalah seorang ulama Syiah berpengaruh di Lebanon. Dia tercatat pernah menjadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hizbullah periode 1991-1992.

Musawi sebenarnya bisa saja menjabat lebih lama. Namun, dia terbunuh dalam sebuah serangan yang dilancarkan Israel di Lebanon Selatan.

Mengutip Al Jazeera , Jumat (14/6/2024), serangan yang menewaskan Musawi terjadi pada 1992. Waktu itu, helikopter tempur Israel menyergap iring-iringan mobil Musawi yang melintas di Lebanon Selatan.

Serangan tersebut menewaskan Musawi, istrinya, putranya yang berusia 5 tahun, serta empat pengawalnya. Setelah itu, posisi Musawi sebagai Sekjen Hizbullah digantikan Hassan Nasrallah.

2. Mohammed Issa (Komandan Senior)

Issa merupakan seorang komandan militer Hizbullah. Dia juga menjadi kepala operasi kelompok tersebut di Suriah Selatan.

Pada 2015, Issa terbunuh dalam sebuah serangan drone Israel dalam Perang Suriah. Tak sendiri, dia tewas bersama sejumlah serdadu Hizbullah lain, termasuk putra pendiri Hizbullah Imad Mughniyeh, Jihad Mughniyeh.

3. Hassan al-Laqqis (Komandan Senior)

Hizbullah menggambarkan Laqqis sebagai salah satu pemimpin perlawanan Islam terhadap Israel. Tak hanya menjadi salah satu pemimpin tertinggi Hizbullah, dia adalah seorang jihadis terkemuka dalam perang melawan Israel dan memainkan peran besar dalam kelompoknya.

Laqqis sering terlibat dalam perencanaan militer Hizbullah dan sangat dekat dengan pemimpin gerakan tersebut, Hassan Nasrallah. Dia tewas dibunuh beberapa pria bersenjata pada Desember 2013.

Meski Israel bungkam, banyak pengamat yang menyebut kematian Laqqis merupakan pekerjaan Mossad. Tujuannya untuk melemahkan posisi Hizbullah dengan menghilangkan salah satu tokohnya.

4. Ismail Al Ashhab (Komandan Senior)

Berikutnya ada Ismail Al Ashhab. Dia adalah seorang komandan militer senior Hizbullah.

Ashhab juga disebutkan sebagai perwira penghubung Hizbullah dengan Iran. Tugasnya melatih pasukan Hizbullah di sepanjang perbatasan Dataran Tinggi Golan.

Ashhab terbunuh dalam sebuah serangan udara Israel di Suriah pada Januari 2015. Dia tewas bersama sejumlah nama lain dari anggota Hizbullah.

5. Wissam al-Tawil (Komandan Senior)

Tawil pernah menjadi komandan senior di pasukan Radwan Hizbullah. Dia juga banyak terlibat pertempuran dalam berbagai konfrontasi Hizbullah.

Pada 8 Januari 2024, al-Tawil terbunuh oleh serangan udara Israel di Lebanon. Pembunuhannya menjadi pukulan telak bagi kelompoknya.

6. Ali Hussein Barji (Komandan Senior)

Pada 9 Januari 2024, Barji tewas dalam serangan udara Israel ketika menghadiri pemakaman Wissam al-Tawil. Israel menyebut pembunuhannya merupakan respons terhadap serangan pesawat tak berawak sebelumnya di Safed.

Ali Hussein Barji dikenal sebagai komandan senior di pasukan udara Hizbullah. Dia banyak memainkan peran penting dalam pengembangan sistem drone bunuh diri.

7. Taleb Abdullah (Komandan Senior)

Taleb Abdullah menjadi komandan senior terbaru dari Hizbullah yang dibunuh Israel. Dia tewas dalam serangan udara Israel pada 11 Juni 2024 lalu.

Sekadar informasi, Taleb berperan sebagai komandan unit Nasr.

Topik Menarik