Cara Menghidupkan PCX Tanpa Remote, Apa Bisa?

Cara Menghidupkan PCX Tanpa Remote, Apa Bisa?

Otomotif | sindonews | Kamis, 18 April 2024 - 17:58
share

Cara menghidupkan PCX tanpa remote menarik diketahui. Anda bisa mencoba cara ini jika berada dalam kondisi darurat seperti remote keyless hilang atau tertinggal di rumah.

Pada perkembangannya, sudah banyak sepeda motor yang memakai remote keyless, misalnya Honda PCX. Menjadi pengganti kunci konvensional, remote keyless juga berfungsi untuk menyalakan mesin motor.

Terlepas dari beragam kemudahannya, remote keyless juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya seperti rawan hilang dan mudah terlupa.

Jika mengalami kondisi seperti di atas, apakah bisa menyalakan motor PCX tanpa remote keyless? Jawabannya adalah bisa. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa diikuti sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2024).

Cara Menghidupkan Motor PCX Tanpa Remote

1. Keluarkan Emergency Key

Saat dihadapkan pada kondisi seperti kehilangan remote keyless, pengendara bisa memanfaatkan emergency key yang dimilikinya. Emergency key ini biasanya didapat ketika seseorang membeli motor baru.

Jika sudah menemukannya, gunakan emergency key untuk membuka jok motor. Pertama, buka kotak di samping kenop pintar PCX.

Cocokkan lubang di emergency key, lalu putar ke bawah. Jika sesuai, nantinya jok motor akan terbuka secara otomatis.

2. Gunakan EM Connector Warna Biru

Apabila jok sudah terbuka, ambil tool kit. Lalu, cari EM Connector atau kabel berwarna biru.

Jika sudah ketemu, cari soket pasangannya yang sesuai, yaitu juga warna biru. Kemudian, tinggal colokkan saja EM Connector ke soket tersebut.

3. Masukkan ID Tag

Setelah EM Connector terpasang, langkah berikutnya adalah memasukkan nomor ID Tag. ID Tag sendiri juga didapat pemilik kendaraan ketika membeli motor, jadi pastikan untuk tidak menghilangkannya.

Biasanya, ID Tag memiliki beberapa kombinasi angka. Cara memasukannya cukup mudah. Jika angka satu, maka tekan kenop sekali saja. Apabila nol, maka tidak perlu menekannya sama sekali.

Tunggu sampai lampu kenop pintar berkedip. Jika sudah, teruskan ke angka berikutnya dan ulangi terus sampai nomor terakhir.

4. Copot EM Connector

Saat nomor pada ID Tag sudah dimasukkan dengan benar, lampu akan berkedip beberapa kali dan diam stabil. Selanjutnya, silahkan cabut EM Connector warna biru dari soket.

5. Nyalakan Motor Seperti Biasa

Setelah itu, cobalah untuk menyalakan motor seperti biasa. Cukup putar kenop pintar ke posisi on, lalu tekan tombol starter. Jika mesin otomatis aktif, maka cara di atas sudah berhasil.

Demikianlah ulasan mengenai cara menghidupkan PCX tanpa remote dengan mudah. Namun, perlu diketahui bahwa cara di atas dianjurkan digunakan hanya ketika Anda dalam keadaan darurat saja. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik