Mama Nela, Perempuan Papua Hebat Taklukkan Ratusan Peserta Kalpataru Award 2023

Mama Nela, Perempuan Papua Hebat Taklukkan Ratusan Peserta Kalpataru Award 2023

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 19:13
share

JAYAPURA, iNewsJayapura.id - Mampu membuktikan diri menjadi yang terbaik bersama 10 orang dari 368 peserta seluruh Indonesia pada ajang Kalpataru Award 2023, Petronela Merauje akhirnya berhasil mewakili Provinsi Papua sabet penghargaan bergengsi Kalpataru 2023 kategori Pembina Lingkungan.

Petronela Merauje atau yang akrab disapa Mama Nela menerima menerima penghargaan Kalpataru dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dan langsung diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta pada 5 Juni 2023 lalu.

Penghargaan ini juga membuktikan mama Nela sebagai tokoh perempuan yang berpengaruh dalam perlindungan hutan perempuan (Tonotwiyat) di Teluk Youtefa Kota Jayapura Papua.

Sambutan atas kemenangan mama Nela ini dilakukannya meriah. Dia diarak oleh komunitas lingkungan Kotq Jayapura dari Bandara Sentani hingga Kota Jayapura dan finish di kawasan Pantai Cibery Kota Jayapura.

Di Cibery dilangsungkan penyambutan penerima penghargaan dan penyerahan Mama Nela kepada adat oleh Pemerintah Provinsi Papua diwakili Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Jan. Jap. L. Ormuseray.

Dalam kesempatan itu, Mama Nela mengatakan bahwa capaian itu bukanlah hal yang gampang.

Kalpataru ini menjadi motivasi buat saya, juga bagi kita semua, perempuan di Kampung Enggros dan juga seluruh masyarakat Papua untuk sama-sama kita menjaga, merawat hutan Papua, ungkap Mama Nela di Pantai Cibery, Sabtu (10/6/23).

Meski sudah menjadi panutan, Petronela Merauje merasa capaian yang ia dapatkan bukanlah karena perjuangannya semata.

Melainkan juga karena bantuan dari teman-teman pemerhati lingkungan, dinas terkait yang juga membantu saya menyuarakan bahwa hutan perempuan itu ada, katanya.

Ia mengharapkan, tak hanya dirinya yang melakukan dan mencapai hal tersebut, melainkan ada Petronela lain yang juga hadir dan ikut memperjuangkan alam Papua.

Ketika saya mendapat penghargaan itu, saya berpikir akan ada satu terobosan yang saya lakukan dengan pemerintah untu kita membuat regulasi khusus untuk hutan perempuan dan hutan mangrove di Teluk Youtefa.

Tidak ada lagi penjualan, penebangan hutan oleh pihak manapun dan akan tetap menjadi hutan adat di teluk ini, tidak bisa dan tidak boleh dijual oleh siapapun, jelasnya.

Ia pun mengharapkan tokoh adat di Enggros dan Tobati bersaama-sama turut serta dalam mendorong regulasi tersebut.

Sehingga sama-sama menjaga dan melarang siapapun untuk menebang satu pohon pin di hutan bakau yang ada di Teluk Youtefa, tegasnya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Jan. Jap. L. Ormuseray pada kesempatan itu mengatakan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menganugerahi 412 kalpataru sejak dimulai pada Tahun 1.980 silam.

Terpilih 10 orang dan salah satunya mama Nela, katanya.

Ia mengapresiasi Petronela Merauje dalam usahanya yang memang bukan termotivasi untuk menerima Kalpataru. Melaikan telah mengabdi untuk hutan mangrove sejak 10 tahun lamanya.

Apa yang dilakukan mama Petronela bukan muncul saat mau terima Kalpataru, tapi sudah dimulai sejak 10 tahun lebih. Dan Kalpataru adalah penghargaan untuk dirinya, kesehariannya memang hidup dalam hutan bakau, jadi kalau setelah menerima Kalpataru alkan redup kegiatannya, saya rasa tidak, karena ia sendiri telah mengabdikan hidupnya untuk magrove, katanya lagi.

Ia pun mengharapkan, keterlibatan semua pihak termasuk warga Kota Jayapura.

Kata dia, perlu ada komitmen untuk menjaga Teluk Youtefa.

Jangan jadikan teluk ini sebagai tempat sampah raksasa. Karena itu mari kita sadar, sampah di Teluk Youtefa ini banyak mengalir dari warga di kota, sehingga menyebabkan laut tercemar.

Masih dalam suasana hari lingkungan hidup, kesadaran kita untuk memilah sampah itu penting. Apa yang sudah dimulai dari mama Petnorela dan juga komunitas lain harus kita contohi untuk menjadi gaya hidup kita, karena tak bisa dipungkiri bahwa bumi semakin panas, maka mari kita jaga, pungkasnya.

Topik Menarik