Bantu Permodalan Krisdayanti Bina 400 UMKM Di Malang

Bantu Permodalan Krisdayanti Bina 400 UMKM Di Malang

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 13:23
share

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah memiliki peran yang signifikan dalam perekonomian nasional.

Sayangnya, tantangan untuk mengembangkan usaha tingkat lokal agar naik kelas, cukup berat.

Anggota Komisi IX DPR Krisdayanti menilai, akses permodalan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM), menjadi tantangan tersendiri bagi UMKM di daerah, khususnya di wilayah Malang.

Sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan (dapil) Malang Raya, ia mempunyai tanggung jawab untuk membina para pelaku UMKM.

Saat ini saya membina sekitar 400 UMKM dengan masing-masing diberi modal sekitar Rp 20 juta-an. Tapi tidak semuanya bisa survive , ujar Krisdayanti dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI Dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP), di Malang, Jawa Timur, Jumat (9/6).

Dengan bantuan tersebut, politikus PDIP ini berharap UMKM bisa terbantu. Dijelaskannya, pelaku usaha kecil di Malang lebih banyak menawarkan produk makanan dalam bentuk kemasan, buah-buahan dan kulineran.

Dia menambahkan, produk khas malang yang dikembangkan mulai keripik apel, keripik nangka, keripik pisang, mangga, rambutan dan lain lain.

Yang jelas, saya tetap semangat untuk mendorong agar UMKM daerah bisa naik kelas, tegasnya.

Krisdayanti mengaku bertekad untuk terus meningkatkan kreativitas wirausaha. Juga, memaksimalkan analisis secara detail potensi-potensi UMKM yang ada di masyarakat.

Selain itu, Diva Pop Indonesia ini menyampaikan apresiasinya atas kolaborasi antara Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR dengan media massa.

Sebab, kolaborasi ini penting dalam menyosialisasikan kerja-kerja Parlemen hingga ke berbagai daerah di Tanah Air.

Ide forum komunikasi ini sangat menarik, bagaimana rekan-rekan media dapat menjadi supporting system bagi DPR. Sehingga tidak hanya Sekretariat Jenderalnya, tapi rekan-rekan media pun bisa mengambil peran itu, jelasnya.

Krisdayanti menekankan, parlemen sebagai lembaga yang merepresentasi rakyat tak pernah berhenti mendorong segala upaya untuk menyejahterakan masyarakat luas.

Jadi kota ini tak cukup dipandang berhasil, tapi perlu pula digali apa saja yang patut diperkuat lagi untuk menumbuhkembangkan geliat ekonomi masyarakat, harap dia.

Di akhir sambutannya, Krisdayanti berharap agenda serupa bisa digalakkan ke daerah lain. Kegiatan ini penting untuk mengenalkan agenda kedewanan di dapil masing-masing anggota dewan.

Hal ini tidak hanya saja bisa mengangkat UMKM dan pariwisatanya, tapi juga bisa melibatkan anggota dewan di dapil untuk lebih banyak bercerita tentang kekuatan-kekuatan di dapilnya, tandasnya.

Di tempat sama, Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal DPR Suprihartini menegaskan DPR berkomitmen mendorong potensi sumber daya lokal dalam menjaga dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah.

Untuk mewujudkannya, perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk media massa.

Tentu peran media dalam memberitakan kebutuhan masyarakat ini, untuk mendorong ekonomi sangatlah penting, ujar Suprihartini.

Suprihartini mengatakan berbagai aspirasi yang ditampung DPR akan menjadi acuan baginya dalam mendorong kerja pemerintah termasuk Pemerintah di daerah agar kinerjanya menjadi lebih baik.

Seperti bagaimana kita akan mendorong sektor UMKM dan juga pariwisata lokal, agar seluruh sektor ini bergerak bagi kepentingan dan kesejahteraan rakyat, imbuhnya.

Selain itu, Suprihartini berharap DPR dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan media massa dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal di kedua sektor tersebut.

Kolaborasi tersebut diharapkan bersifat timbal balik dan saling menyokong satu sama lain.

Peran media sangat penting, dalam memberitakan bagaimana DPR ini bekerja. Juga agar publik mengetahui apa yang menjadi konsen bagi DPR dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan, tandasnya.

Topik Menarik