7 Artis yang Punya Anak Berkebutuhan Khusus dan Difabel, Nomor 6 Lebih dari Satu

7 Artis yang Punya Anak Berkebutuhan Khusus dan Difabel, Nomor 6 Lebih dari Satu

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 06:55
share

JAKARTA Setiap anak merupakan anugerah dan kebahagiaan tersendiri bagi orang tuanya. Wajar jika semua orang tua selalu menyayangi anak-anak dengan penuh kasih, tanpa peduli kekurangan mereka.

Namun, terkadang Tuhan menganugerahi beberapa pasangan dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus ataupun difabel sehingga memerlukan perhatian serta penanganan lebih. Beberapa artis Indonesia pun mengalami hal ini.

Siapa saja mereka? Dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/6/2023), berikut informasinya.

Anak kedua komedian Dede Sunandar dan Karen, yakni Ladzan Syafiq Sunandar, divonis menderita penyakit langka Sindrom William. Penyakit ini memiliki gejala gangguan fungsi jantung dan telah menyerang Ladzan saat baru dua hari dilahirkan ke dunia.2. Cindy FatikasariFoto/Instagram Cindy Fatikasari

Pasangan artis Cindy Fatikasari dan Teuku Firmansyah memiliki seorang anak yang mengidap autisme bernama Omar. Sang anak kini sudah menginjak usia 19 tahun.

Di usianya yang menginjak dewasa, Omar diketahui bersekolah di Special Education Vocation (SEV) Sekolah Tunas Muda. Perkembangan potensi buah hati pemeran Amirah di sinetron Tukang Ojek Pengkolan itu bisa dikatakan semakin meningkat meski ada keterbatasan.3. Dian SastrowardoyoFoto/Instagram Dian Sastrowardoyo

Anak pertama Dian didiagnosis mengidap autis sejak kecil. Kelainan itu bahkan sudah disadari oleh Dian sejak sang anak baru berusia 6 bulan. Dia pun segera mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter. Usaha Dian berbuah manis, karena putranya bisa tumbuh seperti layaknya anak-anak lain.

Erdian Aji Prihartanto alias Anji memiliki anak bungsu bernama Sigra Umar Narada yang juga memiliki kebutuhan khusus. Sigra didiagnosis mengidap autism spectrum disorder (ASD) saat usianya menginjak 3 tahun.

Anji dan Wina Natalia sang istri rutin memberikan terapi untuk anak kedua mereka. Bahkan, terapi tersebut sudah berlangsung sejak Sigra berusia 2 tahun. 5. Joanna AlexandraFoto/Instagram Joanna Alexandra

Dikaruniai empat orang anak, ada salah seorang putri Joanna Alexandra yang mengidap penyakit langka bernama campomelic dysplasia. Anak bungsu Joanna, Ziona Eden Alexandra Panggabean, hidup dengan kelainan genetik yang mempengaruhi perkembangan kerangka, sistem reproduksi, dan bagian tubuh lain tersebut.

Joanna rutin membawa Ziona untuk menjalani perawatan fisioterapi dan dikabarkan bahwa kondisinya semakin membaik, bahkan otot kaki Ziona kini dapat digerakkan.6. Dewi YullFoto/Instagram Dewi Yull

Dewi Yull adalah penyanyi legendaris dengan suara emas. Sedihnya, Dewi tak bisa menyanyikan lagu pengantar tidur untuk dua anaknya. Sebab, anak pertama yang bernama Giscka dan anak ketiganya yang bernama Panji Surya, merupakan tunarungu.

Giscka sendiri sudah meninggal dunia pada 2010 karena penyakit radang otak. Sementara Panji Surya kini tumbuh dewasa sebagai sosok yang berprestasi. Bahkan Panji baru saja menyelesaikan program master dengan predikat terbaik di sebuah universitas di Amerika Serikat. 7. Agatha SuciFoto/Instagram Agatha Suci

Penyanyi jebolan Indonesian Idol ini juga merasakan perjuangan Dewi Yull untuk membesarkan dua orang anak dengan kondisi spesial. Anak Suci yaitu Kahlia Adinda, menderita autism spectrum disorder (ASD), sementara Arsa Nuraga mengalami speech delay atau keterlambatan dalam berbicara.

Untuk melatih fokus pada buah hatinya, Agatha Suci memperkenalkan mereka pada musik, khususnya instrumen piano. Selain itu ia, juga memperhatikan nutrisi serta tetap tegas dan tidak memanjakan anak-anaknya. Tak jarang, Suci juga mengajak anak-anaknya jalan-jalan.

(tsa)

Topik Menarik