Manipulasi Berkedok Cinta, Ini 5 Tips Menghindari Love Scam

Manipulasi Berkedok Cinta, Ini 5 Tips Menghindari Love Scam

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 15:09
share

AKURAT.CO, Saat ini, bertebaran aplikasi chat maupun situs dating yang siap membantu siapapun yang sedang mencari pasangan hidup maupun kekasih. Sampai muncul istilah love scam atau penipuan berkedok cinta. Bagaimana cara menghindari Love Scam ?

Kemajuan pesat teknologi membuat kehidupan berjalan semakin mudah. Termasuk dalam urusan mencari teman hidup atau urusan percintaan. Terlebih lagi, banyak platform media sosial yang juga dapat membantu dalam mencari, menemukan, dan mendapatkan calon pasangan.

Namun, hal itu justru memunculkan pihak-pihak yang tak bertanggung jawab dan lihai mengeksploitasi sistem teknologi. Bukan hanya sistemnya, mereka juga menyasar orang-orang yang yang lebih rentan yang masuk perangkap Love Scam .

Love Scam atau penipuan cinta adalah jenis penipuan yang semakin umum terjadi di era digital ini. Penipuan ini melibatkan manipulasi emosi seseorang dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan finansial atau informasi pribadi.

Tips Menghindari Love Scam meskipun love scam bisa terjadi pada siapa saja terutama mereka yang mencari hubungan romantis lewat online . Lantas bagaimana cara menghindari Love Scam ? Ada beberapa langkah yang dapat dijadikan acuan untuk menghindari Love scam . Berikut ini adalah beberapa tips untuk melindungi diri dari Love Scam :

Jaga Kewaspadaan dan Jangan Gegabah

Pertahankan rasa kewaspadaan dan jangan gegabah saat berkomunikasi dengan orang yang belum kenal secara pribadi. Ingatlah bahwa tidak semua orang online memiliki niat baik. Waspadai tanda-tanda peringatan seperti permintaan uang secara cepat atau permintaan informasi pribadi yang terlalu intim.

Cari Tahu Identitas

Lakukan pemeriksaan dan verifikasi identitas orang yang ditemui secara online . Gunakan sumber informasi yang dapat dipercaya seperti media sosial, pencarian internet, atau koneksi mutual yang bisa di pertanggung jawabkan.

Jika seseorang enggan memberikan informasi pribadi atau memiliki banyak alasan untuk tidak bertemu secara langsung, itu bisa menjadi tanda peringatan.

Pertahankan Informasi Pribadi

Ada beberapa informasi berharga untuk online scammer . Seperti kata sandi untuk akun sosmed, pin bank online , serta informasi yang bisa digunakan untuk memverifikasi identitas. Semuanya harus dijaga jangan dibagikan untuk orang lain.

Jangan Berikan Uang

Jangan pernah mengirim uang kepada seseorang yang ditemui secara online terlepas dari alasan yang mereka berikan. Banyak Love Scam dilakukan dengan meminta uang untuk keperluan darurat atau tiket pesawat agar dapat bertemu.

Selalu pertimbangkan keabsahan cerita mereka dan pastikan untuk tidak memberikan uang kepada orang yang belum ditemui secara pribadi.

Pertimbangkan Pertemuan

Jika hubungan online telah berkembang dan merasa nyaman, usahakan untuk bertemu secara langsung. Pertemuan tatap muka dapat membantu untuk memahami apakah orang tersebut benar-benar apa yang mereka katakan.

Jika seseorang selalu menunda-nunda pertemuan atau menolak untuk bertemu, ada kemungkinan besar bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Namun, perlu hati-hati dan tetap waspada jika bertemu dengan orang baru yang belum diketahui sifat dan kepribadiannya seperti apa. Bisa menolak jika diajak bepergian ke tempat yang asing dan jauh dari keramaian. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Topik Menarik