Pasar Penampungan di Tipar Gede Sukabumi Terbakar, 6 Kios Ludes Dilalap Api

Pasar Penampungan di Tipar Gede Sukabumi Terbakar, 6 Kios Ludes Dilalap Api

Seleb | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 04:10
share

SUKABUMI, iNews.id - Kebakaran terjadi di pasar penampungan, Jalan Tipar Gede, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), Minggu (4/6/2023). Akibatnya, enam kios hangus ludes terbakar dilalap si jago merah.

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Sukabumi, Ujang Rustiandi mengatakan, kejadian berawal dari pihaknya menerima laporan dari jajaran Kepolisian, terkait adanya kebakaran di pasar penampungan, pada sekira pukul 23.35 WIB.

Sekira pukul 23.40 WIB, kita sudah di lokasi kejadian dengan mengerahkan 6 unit kendaraan damkar. Titik api berawal dari kios paling barat, itu dugaan sementara dari korsleting listrik, dugaan sementara yang terbakar ada enam kios tapi ada perambatan ke kios sebelahnya tapi masih bisa tercover tidak habis, hanya atapnya saja, kata Rustiandi.

Lebih lanjut Rustiandi mengatakan, waktu yang dihabiskan untuk memadamkan api terjadi sekira 45 menit sedangkan respons time dari kantor pemadam kebakaran menuju lokasi kejadian, terjadi sekira 5 menit. Hingga pukul 01.00 WIB, petugas masih melakukan pendinginan dan pemeriksaan terhadap api yang kemungkinan masih ada.

Untuk taksiran kerugian, dari satu kios ada yang Rp100 juta yang berjualan ikan asin, ada juga yang Rp250 juta yang berjualan frozen food. Jika ditotal dengan yang lain, jumlah total taksiran kerugian mencapai miliaran rupiah, kata Rustiandi.

Sementara itu Kasi Pencegahan Bidang Damkar dan Penyelamatan Dinas Satpol PP Kota Sukabumi, Hendar Iskandarsyah mengatakan, kendala yang ditemui petugas pada saat melakukan pemadaman, pertama adalah akses air yang susah dan kedua akses jalan di pasar.

Yang namanya pasar, kita berebut akses jalan dengan pedagang karena mereka akan menyelamatkan barangnya masing-masing. Akibatnya ada anggota damkar, satu orang yang terjepit kendaraan, bernama Angga Hardiansyah sekarang lagi di rumah sakit lagi proses pemeriksaan, kata Hendar.

Hendar menambahkan, petugas damkar yang terluka saat bertugas tersebut, sekarang sudah dilakukan tindakan medis di RS Kartika Asih Kota Sukabumi. Korban mengalami luka pada bagian paha, karena tadi pada saat melaksanakan operator pompa karena mobil depan dan belakang terhimpit.

Topik Menarik