Misteri Lukisan Hidup Bung Karno di Blitar, Diyakini Miliki Detak Jantung Sendiri

Misteri Lukisan Hidup Bung Karno di Blitar, Diyakini Miliki Detak Jantung Sendiri

Seleb | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 07:17
share

JAKARTA Presiden Pertama RI Ir Soekarno , atau Bung Karno adalah seorang tokoh karismatik yang kerap diselimuti oleh mistis. Banyak cerita tentang tokoh penggagas Pancasila itu yang hingga kini masih menjadi misteri dan menjadi perhatian khalayak.

Salah satu cerita misteri tentang Bung Karno adalah tentang lukisan dirinya yang disebut-sebut memiliki detak jantung. Lukisan Sang Proklamator yang dinilai memiliki unsur mistis itu berada di Kompleks Makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur.

"Lihat dari sini lho, tuh ada detaknya," ujar seorang pengunjung saat berdiri tegak menyamping di sebuah lukisan Bung Karno, beberapa tahun lalu. Setelah beberapa detik, dari sudut tersebut dapat terlihat adanya gerakan di bagian jantung, seperti sedang berdetak.

Saat Okezone menirukan hal yang sama, memang terlihat dan terasa ada gerakan dari lukisan yang tertuang di atas kanvas itu. Namun, detak atau getaran tersebut tidak hanya di bagian dada Bung Karno, tapi juga di seluruh bagian lukisan.

Staf galeri lukisan Bung Karno kala itu, Friska Fauzi menyebutkan, banyak yang mengaitkan gerakan pada lukisan tersebut dengan hal-hal yang berbau magis atau mistis. Lukisan itu pun menjadi tujuan utama ribuan pengunjung yang datang dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Namun jika dikaji secara logis, gerakan yang terlihat pada lukisan tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, yakni pengaruh angin dan komposisi atau gradasi lukisan.

"Logisnya, jadi mungkin komposisi lukisan, bentangannya, sama fokus lukisan. Lukisan di tengah, ada kemungkinan seperti itu. Ini terbuat dari kanvas biasa," kata Friska berbicara di depan lukisan Bung Karno di Blitar pada Mei 2015.

Namun, rasa penasaran Friska terhadap lukisan itu pun tetap ada, pasalnya saat semua sumber udara dan pendingin ruangan sudah dimatikan, gerakan dari lukisan itu tetap terasa dan terlihat.

"Tetap saja ada detak. Pernah saya coba waktu malam di sini, pintu, blower saya tutup. Bisa jadi dari napas yang membuat gerakan, seperti itu pengaruhnya," ucap Friska.

Sementara itu, juru kunci makam Bung Karno, Kahfi Amnezar sendiri enggan berspekulasi soal lukisan \'hidup\' Bung Karno itu. Menurutnya, masyarakat sudah cerdas, dan dapat menerjemahkan fenomena tersebut menurut perspektifnya masing-masing.

"Ya, kalau mau tahu lihat sendiri langsung saja," ujarnya singkat.

Topik Menarik