Dengar Pernyataan Jusuf Wanandi, Rizal Ramli Tuding CSIS Lembaga yang Dukung Rezim Otoriter dan yang Penting Nempel Kekuasaan

Dengar Pernyataan Jusuf Wanandi, Rizal Ramli Tuding CSIS Lembaga yang Dukung Rezim Otoriter dan yang Penting Nempel Kekuasaan

Seleb | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 03:28
share

Mantan Menteri Kemaritiman Rizal Ramli menanggapi pernyataan pendiri lembaga think-thank CSIS Jusuf Wanandi yang menyatakan Pilpres 2024 akan diikuti oleh 2 pasangan capres-cawapres saja.

Jusuf Wanandi menuding ada upaya agar Pilpres diikuti oleh 3 paslon. Akan tetapi ia yakin, capres-cawapres yang akan bertarung tidak akan lebih dari 2 paslon.

Menanggapi itu, Rizal memblejeti profil CSIS yang menurutnya adalah lembaga lama yang memang sudah dikenal sejak era Orde Baru sebagai lembaga yang mendukung rezim otoriter.

"Dari sejak Orba, CSIS memang konsisten menjadi pendukung rezim otoriter dan semi-otoriter, yang penting nempel di kekuasaan," kata Rizal Ramli.

Tak hanya itu, bekas aktivis mahasiswa yang pernah dipenjara di era Soeharto itu bilang kalau CSIS dulu terkenal dengan lembaga yang sering menggoreng isu-isu terkait Islamphobia, atau menakut-nakuti bahaya kekuatan Islam.

"(CSIS) Sering menggunakan isu Islam-phobia supaya bernilai di mata yang kuasa. Jadi ndak aneh, parah nih," tegasnya.

Topik Menarik