7 Cara Ampuh Menguatkan Jantung Tanpa Obat, Olahraga hingga Berhenti Merokok

7 Cara Ampuh Menguatkan Jantung Tanpa Obat, Olahraga hingga Berhenti Merokok

Seleb | BuddyKu | Selasa, 9 Mei 2023 - 11:43
share

JAKARTA, celebrities.id - Cara ampuh menguatkan jantung tanpa obat perlu disimak dengan baik. Pasalnya, penyakit jantung menjadi salah satu penyakit yang mematikan.

Bukan perkara sulit sebetulnya untuk menguatkan jantung. Bahkan, Anda bisa menguatkan jantung tanpa obat-obatan. Sekarang, tinggal kemauan saja yang diperlukan, pun disiplin kebiasaan sehat ini.

Lantas, apa sih tips ampuh menguatkan jantung? Dilansir dari laman UCI Health, Selasa (9/5/2023), berikut tujuh caranya:

Cara Ampuh Menguatkan Jantung Tanpa Obat

1. Olahraga!

Terdengar sepele dan klise memang, tapi bergerak adalah salah satu cara paling ideal membuat jantung tetap sehat dan kuat.

"Jantung adalah otot dan seperti otot tubuh lainnya, olahraga bisa menguatkan otot termasuk jantung," tulis laman itu, dikutip MNC Portal, Selasa (9/5/2023).

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah konsultasi dengan dokter jantung untuk mencari tahu detak jantung Anda seperti apa dan dari sana akan ketahuan olahraga apa yang cocok dan bisa dilakukan untuk jangka panjang.

2. Berhenti merokok

Saran ini tidak pernah bosan disampaikan dokter dan ahli kesehatan lainnya. Jika berhenti merokok, tubuh dipastikan tidak kemasukan zat berbahaya yang bisa memengaruhi kesehatan jantung.

3. Turunkan berat badan jika berlebihan

Menurunkan berat badan bukan sekadar diet dan olahraga, tapi ini adalah \'journey\'. "Menurunkan berat badan itu menemukan apa yang disukai dan apa yang cocok untuk Anda," kata dr Bavani Nadeswaran, Dokter Spesialis Penyakit Dalam di UCI Health.

4. Konsumsi makanan yang menguatkan jantung

Ya, ada makanan yang dipercaya sangat baik untuk jantung. Makanan tersebut mengandung lemak sehat yang tinggi sehingga bisa menyehatkan jantung. Makanan itu antara lain salmon dan guacamole.

5. Ngemil cokelat

Siapa sangka kalau cokelat mampu menyehatkan jantung. Tapi, menjadi catatan di sini adalah konsumsinya hanya dalam jumlah sedang atau secukupnya, tidak boleh berlebihan.

Cokelat diketahui mengandung antioksidan yang terbukti meningkatkan kolesterol baik, menurunkan kolesterol jahat, dan meningkatkan fungsi pembekuan darah.

6. Jangan makan berlebihan

Hal penting yang juga perlu dicatat adalah jangan makan berlebihan. Obesitas adalah faktor risiko banyak penyakit termasuk masalah di jantung.

Makan terlalu banyak itu menyebabkan perpindahan darah dari jantung ke sistem pencernaan hingga berpengaruh pada irama jantung yang lebih cepat dan tidak teratur yang mana itu menyebabkan serangan jantung atau gagal jantung.

7. Jangan stres

Ketika stres, ada lebih dari 1.400 respons biokimia dalam tubuh, termasuk peningkatan tekanan darah dan detak jantung yang lebih cepat. Jika stres dapat dikelola, jantung isa berada di kondisi prima dan ini membuat jantung sehat.

Jadi, punya jantung yang kuat ternyata tidaklah sulit. Tinggal kemauannya saja ada atau tidak untuk melakukan kebiasaan baik di atas

Topik Menarik