Sandiaga Uno Sesalkan Kejadian Bus Pariwisata Masuk Jurang di Guci, Harus Ada SOP Transportasi Wisata

Sandiaga Uno Sesalkan Kejadian Bus Pariwisata Masuk Jurang di Guci, Harus Ada SOP Transportasi Wisata

Seleb | BuddyKu | Selasa, 9 Mei 2023 - 03:03
share

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi tragedi jatuhnya bus pariwisata ke jurang di sekitar kawasan wisata Guci, Tegal pada Minggu (7/5/2023). Yang mana di dalamnya terdapat rombongan ziarah dari Tangerang Selatan.

"Atas nama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kami sangat berduka cita, dan menyampaikan belasungkawa yang mendalam terhadap musibah yang terjadi di Guci, Tegal," ujarnya dalam Weekly Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (8/5/2023).

Sandiaga mengatakan, pihaknya sangat menyesalkan kejadian yang menimpa bus pariwisata masuk jurang tersebut. Menurutnya, hal itu semestinya bisa diantisipasi dan dihindari agar tidak membahayakan penumpang di dalamnya.

Dia mengatakan, perlunya ada standard operating procedur (SOP) khusus agar ke depannya tidak lagi terjadi kejadian serupa. Sehingga berujung membahayakan keselamatan para penumpang di dalamnya yangs eharusnya jadi prioritas, terlebih saat sedang berwisata.

"Musibah ini seharusnya bisa dihindari, jika kita memiliki prosedur yang secara disiplin tersosialisasi dengan baik, dan dipatuhi oleh para penyelenggara kegiatan transportasi pariwisata dan ekonomi kreatif," tuturnya.

Dia pun memberikan contoh, SOP bus pariwisata di luar negeri. Sopir bus tidak pernah keluar dari kendaraan sebelum bus yang dibawanya itu penumpang di dalamnya sudah benar-benar kosong, sehingga keselamatannya tetap terjaga.

"Misalnya standar-standar seperti itu yang harus diterapkan. Ini sangat disayangkan dan tidak boleh terulang kembali," tuturnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah menerjunkan tim untuk melakukan koordinasi dan sosialisasi agar kejadian serupa tidak lagi terulang.

"Kami dari kemenparekraf sudah menugaskan staf ahli manajemen krisis, untuk berkoordinasi dan memastikan sosialisasi lintas kementerian lembaga dan pemerintah daerah," katanya.

Topik Menarik