Indonesia dan Brasil Sepakat Kolaborasi dalam Pembangunan IKN

Indonesia dan Brasil Sepakat Kolaborasi dalam Pembangunan IKN

Seleb | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 11:32
share

IDXChannel - Pertemuan ke-8 Forum Konsultasi Bilateral Indonesia-Brasil diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur pekan lalu.

Pertemuan dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Duta Besar Umar Hadi dan Sekretaris Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Republik Federasi Brasil, Duta Besar Eduardo Saboia.

Agenda pertemuan mengulas hubungan bilateral Indonesia-Brasil secara menyeluruh, termasuk berbagai isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama antara lain kerja sama pertanian, ekonomi, dan sosial budaya, keamanan serta kerja sama di forum multilateral.

Kedua delegasi menyatakan apresiasi atas hubungan kedua negara yang berjalan secara positif hingga saat ini, kata Kementerian Luar Negeri dalam siaran pers pada Minggu (7/5/2023).

Selain itu ditegaskan kembali komitmen untuk lebih memperluas dan mengembangkan kerja sama yang saling menguntungkan. Untuk mendukung dan mengembangkan upaya ini, kedua pihak sepakat untuk menguatkan kembali hubungan bilateral Indonesia-Brasil melalui pembentukan Rencana Aksi 2023- 2026.

Kedua delegasi juga sepakat untuk berkolaborasi dalam knowledge and experience sharing program terkait pembangunan ibukota baru Indonesia serta mengembangkan dialog untuk mendorong ekonomi berbasis inovasi.

Usai forum Konsultasi Bilateral ke-8, kedua delegasi melakukan kunjungan lapangan ke Ibu Kota Negara (IKN). (WHY)

Topik Menarik