Crazy Rich Grobogan, Sosok yang Dirindukan di Kampung Halaman

Crazy Rich Grobogan, Sosok yang Dirindukan di Kampung Halaman

Seleb | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 08:47
share

GROBOGAN, iNews.id - Crazy rich Grobogan viral di media sosial ketika membangun jalan sepanjang 1,8 kilometer di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Dia merogoh kocek pribadi Rp2,8 miliar untuk membangun jalan yang telah rusak sejak 20 tahun.

Crazy rich Grobogan dikenal bernama Joko Suranto, seorang pengusaha properti asal Kabupaten Grobogan. Joko Suranto merupakan pengusaha yang kini tinggal di Jawa Barat. Dia membangun bisnis property perumahan sejak 2009.

Crazy rich Grobogan Joko Suranto memiliki sebaran lokasi bisnis property di 11 kota di Jawa Barat. Mulai dari Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Subang, Kuningan, Cirebon, Banjar, Karawang, Cikampek, Cimahi, dan Bandung. Luas proyek propertinya bervariasi, antara 10-35 hektare.

Sebelum jadi pengusaha, Joko Suranto tercatat sebagai lulusan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Joko kini menjabat sebagai Ketua Yayasan Ikatan Keluarga Alumni (IKA) FH UNS. Joko Suranto awalnya merantau ke Jakarta dan membangun usahanya dari nol. Usahanya perlahan mulai berhasil hingga membuatnya menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Sebelum meraih kesuksesan, ia pernah berjualan koran demi membiayai kuliah. Pekerjaannya itu hanya berbekal uang ratusan ribu. Selain berjualan koran, Joko juga pernah bekerja menjadi pegawai bank.

Joko Suranto tak menduga langkahnya memperbaiki jalan di kampung halamannya di Desa Jetis, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan jadi viral. Jalan yang ia perbaiki menghubungkan ketiga desa, yaitu Telawah, Jetis, dan Nampu.

Aksi saya sebetulnya karena prihatin dengan kondisi jalan yang rusak dan sudah puluhan tahun tidak diperbaiki. Bahkan di situ juga sering menyebabkan kecelakaan, kata Joko.

Kondisi jalan sudah tak kunjung mendapat perbaikan selama 20 tahun. Jalan di Desa Jetis sekitar 3 kilometer menuju kampung orang tuanya sangat rusak parah.

Aksi yang dillakukan sebenarnya bukan yang pertama kali dilakukan. Sebelumnya ia juga pernah membangun jalan di Kabupaten Bandung, Cicalengka, Subang, dan membangun 30 masjid di Jawa Barat.

Banyak yang menanyakan apakah aksinya dilakukan dengan tulus atau tidak. Merespons hal ini, Joko mengatakan rasa ikhlas berada di hati masing-masing. Ia selalu ingat taglinennya bahwa jangan takut berbuat baik.

Tetapi, ketika kita melakukan sesuatu hal yang enggak ikhlas mau cari apa? Kita enggak cari kepentingan, kecuali bisa menatap kebahagiaan di mata orang terdekat, sahabat kita, kawan kita yang di sana bisa senang dengan adanya pembangunan jalan. Itu adalah sesuatu yang indah, tak bisa tergantikan. Kebayang juga orang yang melewati jalan itu mendapatkan rasa bahagia yang tak ternilai. Kita tidak mengharapkan pujian. Niat baik dengan tujuan baik, Insya Allah akan berkembang baik juga, katanya.

Crazy rich Grobogan Joko Suranto tinggal di Bandung, Jawa Barat. ia menjadi bos perusahaan Buana Kassiti Group yang merupakan holding company dari sejumlah anak perusahaan. Tak hanya bergerak di bidang properti, Joko mulai melebarkan sayapnya dengan berbisnis sejumlah hotel, resort, BPR, finance, pabrik, dan lainnya.

Crazy rich Grobogan Joko Suranto saat momen Lebaran biasanya pulang ke kampung halamannya di Grobogan. Saat pulang, sejumlah kegiatan sosial dilakukan. Salah satunya mengunjungi Pasar Sedadi, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan.Dia membagikan uang kepada pedagang pasar.

Rencana awal, pembagian uang ditujukan ke pedagang yang sudah jompo dan sepi pembeli. Namun karena animo pedagang yang sangat tinggi untuk ikut menikmati rezeki yang dibagikan, Joko Suranto tidak bisa menolak permintaan para pedagang. Mereka akhirnya semua kebagian amplop satu per satu.

Kegiatan bagi-bagi rezeki ke warga dan pedagang merupakan kegiatan rutin setiap pulang kampung ke Grobogan. Setelah membagikan rezeki Lebaran ke pedagang, Joko Suranto kemudian keluar pasar dan membagikan uang ke para juru parkir Pasar Sedadi.

Sebelum berbagi ke pedagang pasar, kegiatan bagi rezeki terlebih dahulu dilakukan bersama anak-anak yatim piatu dan fakir miskin. Kedatangan Joko Suranto mudik ke Grobogan selalu dinanti-nanti banyak warga miskin karena kedermawanannya.

Demikian kisah crazy rich Grobogan. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik