Jika <i>Head to Head</i> Simulasi Dua Capres, Ganjar Ungguli Lawannya

Jika Head to Head Simulasi Dua Capres, Ganjar Ungguli Lawannya

Seleb | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 16:47
share

JAKARTA - Saiful Mujani Research and Consulting merilis hasil survei terbaru terkait dengan elektabilitas bakal calon presiden pada Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto secara head to head atau simulasi dua nama secara tertutup.

Hasilnya, Ganjar mengungguli Prabowo dalam survei yang melibatkan kelompok pemilih yang mengenal keduanya.

Partai Perindo Melihat Potensi Pemilih Milenial pada Pemilu 2024

Direktur Riset SMRC, Deni Irvan mengatakan responden ditanya siapa yang akan dipilih sebagai Presiden sekarang ini jika hanya dua nama, yakni Ganjar dan Prabowo yang maju sebagai calon presiden.

"Pada kelompok pemilih yang tahu kedua tokoh, Ganjar menjadi unggul atas Prabowo. Ganjar mendapatkan dukungan 46,4 persen suara, sementara Prabowo 38,8 persen," ujar Deni, dikutip dari Antara, Minggu (7/5/2023).

Disinggung Berkantor di Labuan Bajo Jelang KTT ASEAN, Begini Kata Jokowi

Namun demikian, masih ada 14,8 persen yang belum menentukan pilihan.

Di sisi lain, Deni juga berkata dalam simulasi head to head atau dua nama yang melibatkan responden secara umum, Ganjar kembali unggul dari Prabowo. Gubernur Jateng dua periode ini mendapatkan dukungan 42,2 persen dan Prabowo 41,9 persen.

Dalam simulasi ini, Deni menyampaikan masih ada 15,9 persen yang belum menentukan pilihan.

Lebih lanjut, Deni berkata bahwa dalam simulasi head to head ini, Prabowo terlihat cenderung unggul atas Ganjar pada bulan Maret sampai April 2023. Namun memasuki bulan Mei, pasca deklarasi Ganjar oleh PDIP, Ganjar mulai mengimbangi Prabowo.

Bahkan, dalam simulasi di antara yang mengenal keduanya, Ganjar telah menyalip Prabowo.

"Dukungan pada calon presiden ini diperkirakan masih akan dinamis, karena sejauh ini masih ada perbedaan Sngkat pengenalan publik terhadap calon. Saat ini Prabowo sudah dikenal oleh 94 persen atau hampir semua pemilh, sementara Ganjar baru dikenal 85 persen.

Pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Dengan teknik RDD sampel sebanyak 925 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening. Margin of error survei diperkirakan 3.3 persen pada Sngkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling.

Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

Topik Menarik