Viral Sukoharjo Disebut Pelosok, Ternyata Punya Pemandangan Alam yang Menakjubkan!

Viral Sukoharjo Disebut Pelosok, Ternyata Punya Pemandangan Alam yang Menakjubkan!

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 11:06
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi menarik yang bisa dijelajahi saat berkunjung ke Sukoharjo, Jawa Tengah. Sukoharjo memiliki objek wisata pegunungan, taman, air terjun dan lainnya.

Belum lama ini Sukoharjo sempat viral lantaran dipertanyakan oleh pengguna Twitter mengenai apakah lokasinya berada di pelosok.

Namun perlu diketahui, Sukoharjo memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah dari wilayah lainnya di Indonesia. Daerah ini juga mudah diakses, misalnya dari Kota Solo.

Penasaran ingin tahu apa saja tempat wisata yang ada di Sukoharjo? Berikut ulasannya dirangkum pada Sabtu (6/5/2023).

Curug Krajan

Curug Krajan membuktikan, Sukoharjo juga memiliki destinasi wisata alam yang indah. Curug Krajan merupakan air terjun yang tersembunyi di perbatasan antara Kabupaten Sukoharjo dengan Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Lebih detailnya, berada di ujung selatan Kabupaten Sukoharjo dan berada di daerah Krajan, Kecamatan Weru.

Curug Krajan menyuguhkan keindahan air terjun yang masih jernih airnya. Pengunjung bisa menikmati kesejukan air dengan mendengar suara deru air yang sangat menenangkan. Meskipun belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah setempat, Curug Krajan bisa menjadi alternatif wisata untuk turis yang bingung ingin ke mana saat berada di Sukoharjo.

Gunung Sepikul

Selanjutnya terdapat tempat wisata di Sukoharjo yang tak kalah indah dengan Curug Krajan, yaitu Gunung Sepikul. Gunung Sepikul adalah salah satu gunung yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata untuk dikunjungi. Perlu diketahui, fasilitas di area ini masih sangat alami dengan fasilitas minim. Karena itu, pengunjung harus menyediakan perbekalan makanan dan minuman secukupnya. Pengunjung tak perlu sampai membawa alat camping, hal ini dikarenakan di Gunung Sepikul tidak bisa dijadikan tempat camping. Detail lokasi Gunung Sepikul berada di Dukuh Gunung Lor, Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Gunung Gajah Mungkur

Masih berkaitan dengan pegunungan, selanjutnya terdapat tempat wisata Gunung Gajah Mungkur di Sukoharjo, Jawa Tengah. Gunung Gajah Mungkur menyuguhkan pemandangan alam terbuka dari atas ketinggian Gunung Gajah Mungkur. Jangan lupa, Sukoharjo dijuluki sebagai lumbung padi Jawa, sehingga tak heran jika dari atas pegunungan dapat terlihat jelas areal persawahan Kabupaten Sukoharjo yang begitu luas. Di sebelah timurnya terlihat jelas Gunung Lawu. Puncak Gunung Gajah Mungkur yang indah sangat sayang jika dilewatkan oleh para wisatawan, sehingga ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Taman Bunga Bloemencorso

Selanjutnya terdapat Taman Bunga Bloemencorso. Ini merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan panorama warna-warni bunga alami, seperti bunga matahari, celosia, tanaman buah-buahan, dan lainnya. Ditambah lagi dengan suasana pedesaan yang masih sangat terasa, menjadi nilai plus bagi Taman Bunga Bloemencorso.

Taman bunga yang terletak di Kampung Jiwan, Desa Ngemplak, Kecamatan Kartasura ini menjadi destinasi wisata yang baru saja dibuka pada 1 April 2019 lalu. Taman Bunga Bloemencorso memiliki luas 2.150 meter persegi. Karena keindahannya, pengunjung taman bunga mencapai ratusan orang per hari.

The Heritage Palace

Beralih dari tempat wisata alam, selanjutnya terdapat tempat wisata yang menghadirkan suasana layaknya di Eropa. Tempat wisata yang menyajikan bangunan klasik tetapi juga modern ini disebut dengan The Heritage Palace. Pada awalnya The Heritage Palace merupakan bekas gedung pabrik gula dengan desain bangunan zaman Belanda. Karena arsitekturnya yang indah, menjadikan The Heritage Palace sebagai satu-satunya gedung bekas pabrik yang dilindungi dan masuk dalam bangunan cagar budaya. Letaknya di Jalan Permata Raya Dukuh Tegalmulyo, Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Topik Menarik