Kenali Penyebab CPU VPS Penuh, Sebelum Upgrade!

Kenali Penyebab CPU VPS Penuh, Sebelum Upgrade!

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 5 Mei 2023 - 00:33
share

JAKARTA , TEKNOLOGIA NEWS Edisi Jumat, 05 Mei 2023, Mengapa setiap perusahaan hosting dan jasa manage VPS kebanyakan menyarankan untuk Upgrade jika CPU penuh?

Pertanyaan seperti ini biasanya ada dalam pikiran pemilik media online dengan trafik sedang yang tidak mengerti cara memanage VPS melainkan menyewa/menggunakan jasa orang lain.

Jika demikian pertanyaannya, maka akan kami jawab, semua jasa tentu akan menyarankan demikian sebab dengan upgrade maka mereka tentunya akan lebih mendapat untung, demikian juga jika menggunakan jasa, mereka juga ingin agar jasa yang diberikan menjadi ringan.

Padahal belum tentu jika CPU server hosting yang dia pilih dan CPU nya penuh kemudian diupgrade masalah CPU teratasi, malah ada kasus dimana CPU yang sudah diupgrade kemudian 3-7 hari CPU penuh kembali dengan trafik situs normal dan dipugrade lagi tetap penuh kembali.

Hingga situs tersebut merogoh kocek yang terbilang fantastis karena menggunakan Cloud Hosting, kalau disamakan nominalnya mungkin langganan Cloud Hosting 3 bulan setara dengan VPS luar negeri 1 tahun yang resourcennya dedicated seperti Contabo bahkan kalau dihitung malah murah Contabo 1 tahun dengan server Singapura daripada langanan Cloud Hosting 3 Bulan pada waktu itu.

Usai migrasi ke VPS Contabo dengan CPU dan RAM setara Dedicated, masalah CPU penuh masih muncul dan beberapa jasa yang bisa menangani VPS pun menyarankan untuk Upgrade.

Lantas seorang Owner Media Online dan Pengusaha Kakao menghubungi saya, bahwasanya dia mau Upgrade VPS karena CPU selalu penuh.

Saya yang membaca pesan whatsapp tersebut membalasnya, siapa itu yang menyarankan untuk Upgrade sedangkan saya lihat resourcenya benar-benar setara dedicated yang harusnya masih mampu menghandle bahkan 3 web dengan trafik yang sama, ini VPS nya hanya digunakan 1 web ko tinggi sekali CPU nya padahal dari sisi trafik normal seperti biasanya.

Setelah dicek ternyata penyebabnya karena ada satu plugins yang menyebabkan CPU penuh meskipun pada Plugins itu tidak didapati Error.

Dan Setelah plugin dihapus prosentase penggunaan CPU menurun cukup derastis dan tidak didapati kembali CPU Penuh.

Artinya CPU Penuh bukan berarti CPU harus ditangkatkan dan harus diupgrade baik pada server hosting yang menggunakan Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS maupun Dedicated.

Bisa jadi CPU penuh disebabkan karena adanya Error atau ada suatu kode yang berjalan dengan menggunakan Cron Job secara terus menerus dan berlebihan.

Untuk mengeceknya di platform WordPress maka bisa nonaktifkan terlebih dahulu Plugins nya satu per satu atau semuanya serta coba gunakan tema lainnya sementara. Jika sudah dilakukam namun CPU tetap tinggi bisa jadi kasusnya terjadi pada sisi Server yang digunakan.

Namun jika di sisi server tidak ada masalah maka tidak ada pilihan lain selain Upgrade ke CPU yang lebih tinggi.

Topik Menarik