Blak-blakan, Irwansyah Ungkap Kunci Anthony Ginting Menang Telak atas Loh Kean Yew di Final Badminton Asia Championship 2023

Blak-blakan, Irwansyah Ungkap Kunci Anthony Ginting Menang Telak atas Loh Kean Yew di Final Badminton Asia Championship 2023

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 5 Mei 2023 - 00:19
share

JAKARTA Pelatih pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah, mengomentari kesuksesan Anthony Sinisuka Ginting menjuarai Badminton Asia Championship 2023. Sukses menang telak atas jagoan Singapura, Loh Kean Yew , Irwansyah pun membeberkan kunci sukses Anthony Ginting.

Irwansyah mengatakan bahwa bahwa permainan Ginting dan Loh Kean Yew sebenarnya kurang lebih sama. Keduanya sama-sama mengedepankan kecepatan masing-masing.

Anthony Sinisuka Ginting

Irwansyah mengatakan kepada Ginting bahwa dirinya harus lebih mengontrol permainan. Hal tersebut perlu dilakukan agar Loh Kean Yew tidak mendapatkan kesempatan untuk menyerang.

"Akan tetapi, saya ingatkan ke Ginting, (permainan) depannya tidak boleh kalah. Kalau depannya dia (Loh Kean Yew) sudah ambil di bawah, pasti tidak bisa, karena dia pasti mengangkat (shuttlecock)," pungkas Irwansyah kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu 3 Mei 2023.

"Kalau kebanyakan mengangkat (shuttlecock), pasti diserang sama Loh Kean Yew. Jadi, dari depan ambilnya harus lebih cepat, menekannya juga," lanjutnya.

"Di situ, akhirnya Loh Kean Yew goyang, bingung. Jadi, apa pun yang dimainkan Ginting, termasuk bola enak pun dia tidak bisa mengimbangi, tidak bisa ikut temponya," ujarnya.

Keberhasilan Ginting mengatur permainan dengan sangat baik pada partai final tersebut menurut Irwansyah membuat Loh Kean Yew kewalahan. Alhasil, pebulutangkis asal Singapura itu kebingungan mengimbangi permainan Ginting.

"Bukan karena Loh Kean Yew pemain yang tidak bagus, tetapi dari awal memang sudah dipegang pola permainannya," tutur Irwansyah.

Loh Kean Yew

Taktik yang diterapkan Irwansyah kepada Ginting pun terbukti jitu. Dia bisa menang dalam 28 menit saja.

Loh Kean Yew menyerah dua gim langsung atas Ginting dengan skor telak 12-21 dan 8-21. Dengan begitu, Anthony Ginting merebut gelar juara. Dia jadi satu-satunya wakil Indonesia yang menjadi juara Asia 2023.

Topik Menarik