Catat! 8 Fakta Tentang Penyakit Asma Yang Sering Dianggap Mitos

Catat! 8 Fakta Tentang Penyakit Asma Yang Sering Dianggap Mitos

Seleb | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 21:13
share

AKURAT.CO Banyak orang yang keliru antara mitos dan fakta tentang penyakit asma yang sering disalahartikan. Ketahuilah beberapa fakta yang boleh dilakuin bagi penderita asma dan jangan salah paham lagi.

Asma merupakan suatu penyakit ketika saluran udara meradang, sempit dan membengkak, serta menghasilkan lendir berlebih hingga menyulitkan bernapas. Banyak sekali mitos penyakit asma yang beredar di masyarakat, sehingga sedikit informasi mengenai fakta penyakit asma.

Seperti dilansir berbagai sumber, Kamis (4/5/2023), berikut ini beberapa kumpulan fakta tentang penyakit asma yang sering dianggap sebagai mitos oleh masyarakat.

Fakta tentang penyakit asma

1. Penderita asma boleh berolahraga

Asma memang dikenal sebagai penyakit pada paru-paru yang membuat penderitanya kesulitan untuk bernapas. Oleh sebab itu, banyak orang yang keliru dan mengatakan bahwa orang yang punya asma tidak dibolehkan olahraga.

Padahal, olahraga bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru penderita asma meskipun akan membuatnya terlalu lelah.

2. Asma bukan penyakit keturunan

Bagi beberapa orang, mereka percaya bahwa penyakit asma adalah keturunan dari faktor genetik orang tua. Padahal, fakta tentang penyakit asma yang sebenarnya adalah seseorang yang tidak memiliki latar belakang keluarga dengan penyakit asma tetap dapat terserang asma.

3. Asma tidak dapat disembuhkan total

Selain itu, masyarakat juga percaya bahwa asma dapat disembuhkan dengan sendirinya dan tidak kambuh lagi.

Umumnya, gejala asma memang bisa disembuhkan namun tidak sepenuhnya. Kemungkinan, hanya jarang kambuh sehingga penyakit asma tetap ada dan bisa kambuh kembali jika ada pemicunya.

4. Penyakit asma terjadi pada semua usia

Fakta tentang penyakit asma berikutnya yaitu dapat terjadi pada semua usia. Banyak orang yang tidak percaya dengan fakta ini, karena yang terkena asma kebanyakan hanya pada anak-anak.

Padahal, penyakit asma hingga dewasa dapat kambuh kembali sehingga perlu menjaga kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan dengan baik.

5. Asma bukan penyakit menular

Mungkin karena asma berhubungan dengan sistem pernapasan, banyak yang mengira bahwa asma dapat menular. Faktor pemicu asma diawali dengan flu dan batuk. Dari faktor tersebutlah yang dapat menular dan bukan asma.

6. Asma dapat berujung kematian

Fakta tentang penyakit asma yang satu ini memang jarang dipercaya karena sedikit kasusnya. Namun, asma memang dapat menyebabkan kematian jika penderita kambuh dan tidak segera ditangani.

Oleh sebab itu, pastikan penderita asma selalu waspada untuk mengikuti seluruh prosedur menangani asma yang kambuh.

7. Udara lembab baik untuk penderita asma

Ruangan yang bersuhu lembab memang disarankan bagi penderita asma. Hal ini dikarenakan, udara lembab mampu mengurangi serangan asma. Tempat dengan kandungan uap air tinggi akan membuat penderita asma merasa lebih baik.

8. Obat hisap tidak membuat ketergantungan

Obat yang seringkali digunakan penderita asma yaitu obat hisap atau obat semprot. Menurut penelitian, obat tersebut membuat penggunanya ketergantungan, namun memang menjadi kebutuhan untuk mengatasi asma yang sering kambuh dalam waktu dekat. Sehingga, asma dapat terkontrol lebih baik dan aman menjalankan aktivitas sehari-hari.

Itulah beberapa informasi mengenai fakta tentang penyakit asma yang sering dianggap sebagai mitos oleh masyarakat. Oleh sebab itu, bagi penderita asma harus mengetahui secara jelas informasi tentang asma. []

Topik Menarik