Siap-siap..2nd Kalimantan Fire & Rescue Challenge Siap Digelar Di Palangka Raya

Siap-siap..2nd Kalimantan Fire & Rescue Challenge Siap Digelar Di Palangka Raya

Seleb | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 20:52
share

Jakarta,TAMBANG,- Setelah sukses menggelar 1st Kalimantan Fire and Rescue Challenge (KFRC) yang pertama, kini panitia tengah bersiap menggelar 2nd Kalimantan Fire and Rescue Challenge. KFRC Pertama digelar di Banjarbaru, Kalimantan Selatan pada 7-11 September 2022. Untuk yang kedua ini akan digelar pada 3-10 Juni 2023. Kali ini, lokasi yang dipilih adalah Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dengan Forum Kepala Teknik Tambang Kalimantan Tengah bertindak sebagai tuan rumah.

Sebagai bagian dari persiapan telah dilaksanakan Pertemuan Teknis yang dilaksanakan di Kota Palangka Raya pada tanggal 2 4 Mei 2023 lalu. Hadir dalam kegiatan tersebut, Instruktur dan Manajer Tim Peserta. Di kesempatan itu,Panitia Kegiatan menyampaikan presentasi tentang rencana challenge, skenario lomba, sistem penilaian, props dan TEA yang akan digunakan termasuk TEA yang akan dibawa Tim.

Pertemuan Teknis juga dirangkaikan dengan Workshop Wildland Fire Fighting atau Pemadaman Kebakaran Hutan. Pelatihan tersebut wajib diikuti untuk seluruh peserta challenge,terang Dany Irawan, TTDPK.

Dany menjelaskan sama seperti 1st Kalimantan Fire and Rescue Challenge (KFRC) acara KFRC kedua ini juga mengusung konsep Challenge . Even ini bukan kompetisi tetapi lebih pada upaya belajar dari yang lain. Masalah yang mendasar dalam kompetisi adalah tim peserta tidak dapat menyaksikan tim lain dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Proses belajar dengan demikian terhenti pada latihan yang dimaksudkan untuk mengikuti suatu kompetisi,terang Dany.

Oleh karenanya 2nd Kalimantan Fire & Rescue Challenge dibuat sebagai wadah saling belajar satu dengan yang lain, antar tim, berbagi ilmu rescue tingkat lanjut serta teknologi dan kerjasama untuk mencegah korban jiwa dan cedera dalam melakukan operasi penyelamatan. Salah satu tujuan KFRC adalah untuk mempromosikan pencegahan cedera, melalui edukasi dan kesiapsiagaan bagi semua tim dengan memperkenalkan serta membangun konsep tingkat nasional dan internasional,lanjutnya.

Dalam 2nd Kalimantan Fire & Rescue Challenge ini ada beberapa kategori yang dipertandingkan yakni Penyelamatan dan Pemadaman Kebakaran Hutan, Penyelamatan pada Bangunan Bertingkat, Penyelamatan pada Arus Deras. Kemudian Penyelamatan Kecelakaan Kendaraan dan Firefighter Competency Test serta Firefighter Fitness Drill.

Salah satu konsep KFRC adalah memperkenankan tim untuk menangani insiden seperti kecelakaan jalan raya dengan 7 korban sementara tim lain dapat menyaksikan dan belajar darinya. Setiap tim selanjutnya diberikan skenario yang sama dimana mereka dapat menerapkan prosedur dan teknik yang berbeda, yang semuanya akan dinilai.

Dany menjelaskan untuk tahun ini, jumlah peserta masih sama sebanyak 22 peserta dengan satu tim tamu. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Putra Perkasa Abadi, PT Antareja Mahada Makmur, PT Borneo Indobara, PT Balangan Coal, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA) site SDJ, PT Arutmin Indonesia, PT Thiess Contractors Indonesia, PT Asmin Bara Bronang, PT Indo Muro Kencana, PT Cipta Kridatama, PT Multi Tambang Jaya Utama dan PT Adaro Minerals Indonesia. Ditambah satu tim tamu yakni PT Nusa Halmahera Mineral (PT NHM).

Topik Menarik