Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Alquran

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Membaca Alquran

Seleb | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 15:14
share

BACAAN doa sebelum dan sesudah membaca Alquran . Alquran merupakan kitab suci umat Islam dan menjadi pedoman dalam menjalani hidup.

Berkat kemuliaan serta keagungannya, setiap Muslim yang hendak membaca Alquran dianjurkan bersuci terlebih dahulu. Setelah itu, sebelum maupun sesudah membaca Alquran dianjurkan berdoa.

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Membaca Alquran walaupun hanya satu ayat pendek akan dibalas dengan satu kebaikan serta dilipatkan hingga 10 kebaikan.

:

"Abdullah bin Masud radhiyallahu anhu berkata, \'Rasulullah Saw bersabda: Siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf, dan Miim satu huruf\'." (HR Tirmidzi)

Doa Sebelum Membaca Alquran

Memulai membaca Alquran dengan membaca taawudz. Bacaan taawudz menurut jumhur (mayoritas ulama) adalah " A\'udzu billahi minasy syaithonir rajiim ." Membaca taawudz ini dihukumi sunnah, bukan wajib.

Perintah untuk membaca taawudz di sini disebutkan dalam ayat:

"Apabila kamu membaca Alquran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk." (QS An-Nahl: 98)

Doa Sesudah Membaca Alquran

Dari Aisyah, beliau berkata, "Tidaklah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam duduk di suatu tempat atau membaca Alquran ataupun melaksanakan sholat kecuali beliau akhiri dengan membaca beberapa kalimat."

Aku pun bertanya kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, "Wahai Rasulullah, tidaklah Anda duduk di suatu tempat, membaca Alquran ataupun mengerjakan sholat melainkan Anda akhiri dengan beberapa kalimat?"

Jawaban beliau:

: []

"Betul, barang siapa yang mengucapkan kebaikan maka dengan kalimat tersebut amal tadi akan dipatri dengan kebaikan. Barang siapa yang mengucapkan kejelekan maka kalimat tersebut berfungsi untuk menghapus dosa. Itulah ucapan Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik ." (HR An-Nasa\'i dalam Al Kubro. Syekh Muqbil Al Wadii dalam Al Jami Ash-Shahih mimma Laisa fii Ash Shahihain 2: 12 mengatakan, "Hadits ini adalah shahih")

Itulah pembahasan tentang bacaan doa sebelum dan sesudah membaca Alquran . Wallahu a\'lam .

Topik Menarik