5 Penyebab Keputihan Keluar Terus dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Keputihan Keluar Terus dan Cara Mengatasinya

Seleb | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 13:54
share

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab keputihan keluar terus perlu kamu ketahui dengan tepat dan cermat. Sebab kondisi tersebut dapat menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang serius pada area kewanitaan.

Sebab keputihan normal yang dialami oleh perempuan umumnya tidak keluar secara berlebihan dan terus menerus. Oleh karena itu kamu mencari tahu penyebab pastinya.

Dalam ulasan satu ini celebrities.id merangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/5/2023) untuk kamu terkait penyebab keputihan keluar terus.

Penyebab Keputihan Keluar Terus

Melansir dari laman resmi Medical News Today, bahwa ada beberapa penyebab keputihan pada area vagina keluar terus menerus, seperti berikut:

1. Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab pertama keputihan yang keluar secara terus menerus umumnya dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Hal itu biasanya akan muncul pada perempuan yang sedang mengalami stress atau diet ketat. Keduanya itu menjadi penyebab utama adanya kondisi keputihan yang abnormal yang terjadi pada dirimu.

2. Vaginitis

Penyebab kedua keputihan di area vagina keluar terus karena terjadinya Vaginitis. Bagi kamu yang tidak mengetahui, Vaginitis adalah iritasi atau peradangan yang terjadi pada area vagina. Umumnya penyakit satu ini dapat dilihat melalui warnanya yang bersifat abu-abu dan kuning.

3. Bakterial Vaginosis

Penyebab kedua keputihan pada vagina keluar terus menerus bisa terjadi karena adanya bakteri vaginosis. Bakterial vaginosis adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh pertumbuhan berlebih bakteri di vagina. Infeksi vagina ini paling sering terjadi pada wanita berusia 1544 tahun.

Penyakit satu ini umumnya akan timbul setelah hubungan seksual. Namun, kondisi ini bukanlah infeksi menular seksual (IMS). Menurut Kantor Kesehatan Wanita, wanita yang menderita vaginosis bakteri mungkin melihat keputihan berwarna susu atau abu-abu. Beberapa juga melaporkan bau vagina yang kuat dan amis, terutama setelah hubungan seksual.

4. Infeksi Jamur

Penyebab keempat keputihan dapat keluar secara terus menerus karena disebabkan adanya infeksi jamur Candida yang berlebihan. Hampir 70% wanita akan mengalami infeksi jamur di beberapa titik dalam hidup mereka.
Gejala yang paling umum dari infeksi jamur vagina adalah rasa gatal yang hebat di vagina dan vulva. Infeksi jamur vagina juga dapat menyebabkan keputihan namun tidak berbau.

Infeksi jamur vagina dapat diobati sendiri di rumah dengan menggunakan salep antijamur yang dijual bebas. Gejala akan membaik dalam beberapa hari. Namun, infeksi yang parah dapat bertahan lebih lama dan mungkin memerlukan perawatan medis.

5. Trikomoniasis

Penyebab kelima keputihan yang keluar terus menerus dapat terjadi karena mengalami Trikomoniasis. Penyakit satu ini sejatinya merupakan Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh parasit. Biasa Nya penyakit satu ini diderita oleh wanita yang pernah berhubungan seks dengan seorang laki-laki positif pengidap parasit tersebut.
Infeksi trikomoniasis juga dapat menyebabkan keputihan berlebih yang berbau busuk atau amis dan berwarna putih, kuning, atau hijau.*

Topik Menarik