Kisah Mantan Tukang Becak Punya 2 Pabrik Garam, Penghasilannya Kini Rp400 Juta per Bulan

Kisah Mantan Tukang Becak Punya 2 Pabrik Garam, Penghasilannya Kini Rp400 Juta per Bulan

Seleb | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 09:00
share

JAKARTA , iNewsSemarang.id - Membaca kisah sukses seseorang dapat membuat kita termotivasi untuk mencapai keberhasilan. Salah satunya kisah sukses Sanim, mantan tukang becak yang kini menjadi pengusaha garam dengan penghasilan ratusan juta per bulan.

Lewat kerja keras dan tekad yang kuat, Sanim mampu membuktikan bahwa kesuksesan bukanlah suatu hal yang sulit digapai, dan tak melulu untuk mereka yang berpendidikan tinggi.

Sanim, pria asal Cirebon, Jawa Barat, hanya mengenyam pendidikan sampai kelas 4 SD. Kondisi ekonomi keluarga yang tak mampu, membuat Sanim harus berhenti sekolah dan kerja serabutan membantu orang tua.

Karena memiliki keterbatasan pendidikan, Sanim pun memilih bekerja sebagai tukang becak. Ia mulai bekerja mencari pelanggan dari pagi hingga sore hari. Terik matahari, banyaknya polusi, keringat bercucuran menjadi kawannya setiap hari.

Ironisnya, perjuangan Sanim menjadi tukang becak dari pagi hingga sore hari tak memberikannya banyak pendapatan. Dia pun mencari peluang untuk pekerjaan lain guna mendapatkan uang tambahan.

Tidak disengaja, kala itu ada lowongan besar-besaran sebagai buruh pabrik. Sontak, Sanim mendaftarkan diri untuk menjadi buruh di tempat itu. Berharap, dengan pekerjaan barunya, bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Seiring berjalannya waktu, keuangan keluarganya pun mulai membaik. Tetapi Sanim kemudian memilih tidak melanjutkan pekerjaannya di pabrik dan mengundurkan diri untuk membuka usahanya sendiri.

Pengunduran diri Sanim sebagai buruh pabrik karena dia melihat peluang bisnis garam yang bisa lebih maju jika dimanfaatkan dengan baik. Sanim pun memulai usaha produksi garam bersama sang istri di sekitar rumahnya.

Lambat laun usaha Sanim semakin berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Namun, dalam menjalankan usahanya, tak berjalan mulus. Dia sempat mengalami kendala soal masalah modal yang iq tidak tahu harus mencari di mana.

Kendati demikian, ia tidak putus asa, Sanim pun memberanikan diri untuk meminjam di bank namun ditolak karena alasan tempat produksi yang dinilai tidak akan mendapatkan profit. Terus berusaha, akhirnya Sanim pun menemukan bank yang mau meminjamkannya uang sehingga usahanya bisa maju kembali.

Berkat usaha dan tekad yang kuat ini Sanim mampu meraup keuntungan yang sangat luar biasa. Di mana setiap bulannya dia bisa menghasilkan Rp400 juta bahkan lebih, dari produksi pabrik garam.

Saat ini Sanim sudah memiliki dua pabrik besar sebagai tempat industri garam. Dia juga mempekerjakan ratusan karyawan, dan memiliki sepuluh mobil dari hasil produksi garam buatannya.

Demikian kisah sukses Sanim, mantan tukang becak yang kini menjadi pengusaha garam. Semoga menginspirasi Anda yang memiliki pendidikan terbatas namun ingin terjun ke dunia usaha.

Topik Menarik