Penyebab Masalah Kenapa Lagu di Spotify Tidak Bisa Diputar dan Cara Mengatasinya

Penyebab Masalah Kenapa Lagu di Spotify Tidak Bisa Diputar dan Cara Mengatasinya

Seleb | BuddyKu | Rabu, 3 Mei 2023 - 14:12
share

Ketika lagu yang ingin Anda dengarkan tidak bisa diputar di Spotify , tentu saja Anda akan merasa kecewa dan ingin mencari tahu penyebabnya kenapa lagu di spotify tidak bisa diputar. Spotify adalah salah satu aplikasi layanan streaming musik dan podcast yang memungkinkan Anda menemukan beragam karya musik dari berbagai pembuat konten. Namun, aplikasi ini sering mengalami masalah, seperti pemutar musik yang tidak dapat memutar lagu.

Meskipun penyebab masalah kenapa lagu di spotify tidak bisa diputar tersebut sangat bervariasi, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Namun, sebelum menjelaskan mengenai cara mengatasi masalah tersebut, Anda harus memahami cara memutar lagu di Spotify.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memutar lagu di Spotify:

  1. Buka aplikasi Spotify di perangkat Anda.
  2. Cari lagu yang ingin diputar dengan menggunakan fitur pencarian atau telusuri daftar putar/album.
  3. Tekan lagu yang sudah dipilih untuk memutarnya.
  4. Gunakan tombol di bagian bawah aplikasi Spotify untuk mengontrol pemutaran, seperti tombol pause/putar, tombol maju/mundur dan tombol volume.
  5. Jika Anda ingin membuat daftar putar sendiri, Anda dapat membuatnya dengan menekan tombol "Tambahkan ke Daftar Putar".

Mengapa Spotify Tidak Dapat Memutar Lagu

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kenapa lagu di spotify tidak bisa diputar, salah satunya adalah koneksi internet yang lambat dan tidak stabil. Untuk mengetahui beberapa penyebab kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu, simak penjelasan di bawah ini.

Koneksi Internet yang Lambat atau Tidak Stabil

Salah satu penyebab umum kenapa lagu di spotify tidak bisa diputar adalah koneksi internet yang lambat atau tidak stabil. Koneksi yang tidak stabil atau lambat akan mempengaruhi streaming lagu yang sedang diputar. Sebelum memutar lagu di Spotify, pastikan bahwa jaringan yang sedang digunakan lancar. Untuk mengatasi masalah jaringan yang sedang digunakan, Anda dapat mengatur perangkat ponsel menjadi mode pesat kemudian matikan kembali. Hal tersebut dilakukan agar jaringan yang digunakan tetap stabil.

Masalah Akun Pengguna Spotify

Spotify tidak bisa memutar lagu juga dapat disebabkan oleh masalah akun pengguna Spotify. Masalah ini biasanya terjadi karena adanya kesalahan teknis atau bug aplikasi. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat menutup aplikasi Spotify, kemudian membuka kembali. Apabila tidak ada perubahan, besar kemungkinan pihak Spotify sedang dalam perbaikan.

Masalah pada Perangkat

Selain dari Spotify itu sendiri, masalah pada perangkat atau sistem operasi yang digunakan juga dapat menjadi faktor penyebab kenapa Spotify tidak bisa memutar lagu. Biasanya masalah ini terjadi karena speaker sedang dalam masalah, sehingga tidak dapat mengeluarkan bunyi. Selain itu, hal ini juga bisa terjadi karena tidak memiliki pembaruan terbaru atau konflik dengan aplikasi lain.

Batas Geografis Konten

Batas geografis konten juga dapat menjadi faktor penyebab mengapa Spotify tidak dapat memutar lagu. Apakah Anda pernah menemukan lagu di Spotify yang berwarna abu-abu dan tidak bisa dimainkan? Lagu yang berwarna abu-abu itu artinya lagu atau albumnya tidak tersedia untuk pendengar atau pengguna Spotify di Indonesia. Ketersediaan lagu di suatu negara ditentukan oleh lisensi yang dipegang oleh label rekaman atau distributor lagu sebagai hak cipta.

Cara Mengatasi Masalah Kenapa Lagu di Spotify Tidak Bisa Diputar

Spotify seringkali mengalami masalah dalam memutar lagu. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah Spotify tidak dapat memutar lagu:

Pastikan Koneksi Internet Lancar

Walaupun Spotify dapat digunakan dalam mode offline, namun beberapa lagu yang belum dimasukkan ke dalam daftar putar pribadi tidak dapat dimainkan secara offline. Oleh karena itu, pastikan jaringan internet yang Anda gunakan stabil dan lancar. Cobalah membuka situs web lain untuk memastikan bahwa masalah tidak berasal dari koneksi internet Anda.

Update Aplikasi

Cara lainnya adalah dengan memperbaharui aplikasi Spotify ke versi terbaru. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa aplikasi Spotify berfungsi dengan baik pada versi sistem operasi atau perangkat baru. Selain itu, dengan mengupdate aplikasi, dapat membantu mempercepat kinerja aplikasi, mengurangi lag dan menghindari crash atau force close.

Hapus Cache

Meskipun terlihat tidak berguna, menghapus cache Spotify merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah Spotify tidak dapat memutar lagu. Menghapus cache aplikasi dapat membantu menghemat ruang penyimpanan serta mengatasi masalah aplikasi. Cache yang rusak atau korup dapat menyebabkan Spotify tidak dapat memutar lagu.

Cek Pengaturan Audio

Banyak pengguna Spotify yang mengabaikan pengaturan audio pada perangkat ponsel yang digunakan saat ini. Periksa pengaturan audio di perangkat Anda untuk memastikan bahwa speaker atau headphone tidak sedang dalam mode diam atau tidak terhubung dengan baik.

Instal Ulang Aplikasi

Jika semua cara di atas tidak berhasil, coba uninstall dan install kembali aplikasi Spotify di perangkat Anda. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya eror atau ngebug pada aplikasi Spotify.

Topik Menarik