Proses Pendinginan Kebakaran Mal Malang Plaza Masih Berlangsung usai 9 Jam Proses Pemadaman Api

Proses Pendinginan Kebakaran Mal Malang Plaza Masih Berlangsung usai 9 Jam Proses Pemadaman Api

Seleb | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 10:46
share

MALANG, iNews.id - Proses pendinginan kebakaran di Mal Malang Plaza masih berlangsung pada Selasa (2/5/2023) menjelang siang, setelah sebelumnya berlangsung pemadaman api selama 9 jam.

Petugas pemadam kebakaran (Damkar) telah berusaha memadamkan api, dengan bantuan mobil tangki dari PDAM yang sudah berjaga di lokasi sejak kejadian.

Hingga pukul 10.00 WIB, petugas masih terus melakukan pendinginan di lokasi kejadian karena bagian belakang mal masih memiliki titik api yang belum sepenuhnya padam.

Kapolsek Klojen Kompol Syabain Rahmad menyatakan, sekitar 15 unit mobil Damkar dikerahkan dengan tambahan mobil tangki air dari PDAM Kota Malang pada Selasa dini hari. Saat ini, terdapat 10 unit Damkar, 3 mobil dari perusahaan, dan 2 mobil dari PDAM yang bekerja sama dalam melakukan pendinginan.

Meskipun api telah dilaporkan padam, petugas Damkar masih berusaha membasahi dan memadamkan sisa-sisa api agar tidak menimbulkan bahaya bagi tim penyelidik dari Polresta Malang Kota dan Polda Jatim, ujarnya.

Belum diketahui secara pasti kerusakan yang diakibatkan oleh kebakaran ini karena pihak berwenang masih menunggu hasil penyelidikan dari tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Timur. Namun, upaya-upaya pencegahan dilakukan untuk menghindari bahaya pasca kebakaran.

Kebakaran terjadi pada Selasa dini hari sekitar pukul 00.30 WIB di Mal Malang Plaza yang merupakan pusat penjualan smartphone dan beberapa peralatan elektronik. Terdapat 63 stan yang terbakar, terdiri dari 24 stan di lantai dasar, 3 stan di lantai dua, dan 36 stan di lantai tiga mal. Belum diketahui kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran ini karena petugas masih fokus pada proses pemadaman dan pendinginan api.


Topik Menarik