Ruben Onsu Unggah Foto Transfusi Darah di Rumah Sakit, Ada Apa?

Ruben Onsu Unggah Foto Transfusi Darah di Rumah Sakit, Ada Apa?

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 09:38
share

JAKARTA, celebrities.id - Ruben Onsu mengunggah postingan di Instagram yang menunjukkan dirinya tengah terbaring di ranjang rumah sakit. Tak lupa, suami Sarwendah ini pun memberikan caption yang menjelaskan kondisi terbarunya tersebut.

"Biasa deh lagi liburan cara yang lain dan semua tertangani dengan cepat oleh RS Bunda Jakarta dan terima kasih dokter Erik (gak ada Instagram-nya hehe) dengan cepat (menangani) dan hari ini bisa segera pulang," tulis Ruben di keterangan unggahan, dikutip Sabtu (29/4/2023).

Ruben Onsu terkapar di ranjang rumah sakit sambil melakukan transfusi darah. Tidak dijelaskan secara pasti apa alasan tindakan medis itu dilakukan. Namun, pada umumnya transfusi darah dilakukan untuk manfaat-manfaat tertentu.

Dilansir dari laman RSUD dr Mohamad Soewandhie, berikut manfaat transfusi darah:

Meningkatkan kadar Hb (Hemoglobin) pada keadaan anemia.

Mengganti darah yang hilang karena perdarahan, misalnya perdarahan saat melahirkan.

Mengganti kehilangan plasma darah, misalnya pada luka bakar.

Mencegah dan mengatasi perdarahan karena kekurangan atau kelainan komponen darah, misalnya pada penderita thalasemia.

Bukan cuma thalasemia, transfusi darah juga dikerjakan pada pasien yang alami gangguan fungsi tubuh lainnya. Catatan Perkumpulan Teknisi Pelayanan Darah Indonesia menunjukkan, pasien infeksi parah, gangguan fungsi hati, hemofilia, dan trombositopenia juga kerap kali memerlukan tindakan transfusi darah.

"Mereka yang baru saja menjalani operasi besar, sehingga harus melakukan transfusi darah untuk menggantikan darah yang hilang juga perlu transfusi darah," tulis laporan tersebut.

Jadi, pada kasus Ruben Onsu, apa yang mendasari artis itu sampai memerlukan transfusi darah? Ini yang tidak diungkapkan sang artis. Meski begitu, kita semua tentu berharap agar Ruben Onsu bisa segera pulih dan bisa beraktivitas seperti sedia kala.

Topik Menarik