Pimpinan Bawaslu Jeneponto Kunjungi Panwaslu Binamu, Ini Tujuannya!

Pimpinan Bawaslu Jeneponto Kunjungi Panwaslu Binamu, Ini Tujuannya!

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 07:03
share

RAKYAT.NEWS, Jeneponto Pimpinan Bawaslu Kabupaten Jeneponto melakukan kunjungan pembinaan pengawasan penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPHP) ke Panwaslu Kecamatan Binamu, Jumat (28/4/2023)

Kegiatan pembinaan dimaksudkan agar Panwaslu ditingkat kecamatan dan kelurahan/Desa memaksimalkan fungsi pengawasan terhadap DPS yang telah diumumkan dan ditempel di tempat tempat umum oleh KPU dan jajaran di tingkat kecamatan dan Kelurahan/Desa.

Ketua Bawaslu kabupaten Jeneponto Saiful, SH.MH dalam arahannya menyampaikan bahwa setelah pengumuman DPS tanggal 12 24 April,
ada dua hal yang penting untuk dipastikan dalam melakukan pencermatan terhadap DPS yakni, pastikan warga atau masyarakat yang telah bersyarat sebagai wajib pilih tetapi belum terdaftar dalam daftar pemilih yang telah ditetapkan oleh KPU, jika ditemukan warga yang telah bersyarat sebagai wajib pilih tetapi belum terdaftar segera dipastikan ada bukti otentik berupa dokumen kependudukan KTP atau KK, jelasnya.

Berikutnya, kata Saiful cermati DPS apakah ada warga atau masyarakat yang tidak bersyarat tetapi terdapat dalam daftar pemilih, misalnya, pemilih dibawah umur, pemilih berstatus TNI, Polri, pemilih meninggal dll, segera berikan saran perbaikan kepada PPS atau PPK untuk dilakukan perbaikan sehingga warga tersebut nantinya akan terdapat dalam DPSHP.

Lebih lanjut Saiful menjelaskan, penting bagi kawan kawan untuk mengetahui setiap tahapan penyusunan daftar pemilih, rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan tingkat Kel/desa oleh PPS tgl 7-8 Mei, tingkat kecamatan oleh PPK 9-10 Mei, tingkat kabupaten oleh KPU 11-12 Mei 2023.

Ditempat yang sama Pimpinan Bawaslu Jeneponto DR.Sampara Halik, memotivasi peserta yang hadir, bahwa pengawasan yang kita lakukan khususnya dalam tahanan penyusunan daftar pemilih, dimaksudkan sebagai menjaga warga wajib pilih mendapatkan hak pilihnya, jelasnya.

Sampara menambahkan bahwa sebenarnya kita ini sebagai pengawas harus Lebih cermat dan tanggap, setidaknya miliki dua hal, yakni kesungguhan bekerja dengan niat karena Allah SWT dan jaga integritas.

Ingat, teman-teman ini adalah orang orang terpilih, hadirkan motivasi mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara jangan karena materi atau yang lainnya, tegasnya.

Acara pembinaan pengawasan dihadiri Ketua dan Pimpinan Bawaslu Jeneponto, Staf Bawaslu, Pimpinan dan Staf Panwaslu Binamu, serta seluruh PKD se Kecamatan Binamu. (ijo/rj)

Topik Menarik