Ini Penyakit yang Mengintai Anak Pasca-Mudik Lebaran!

Ini Penyakit yang Mengintai Anak Pasca-Mudik Lebaran!

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 28 April 2023 - 13:47
share

IKATAN Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan kondisi anak-anak pasca-mudik lebaran maupun pasca-lebaran. Menurutnya, anak-anak banyak yang mengalami kecapekan akibat mudik lebaran. Hal ini bisa memicu berbagai penyakit mudah dialami anak.

Ketua IDAI dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengatakan, anak pasca-lebaran biasanya mengalami selesma. Sebab adanya penularan virus dari kerumunan, di mana momen Idul Fitri jadi waktu berkumpul bersama keluarga.

anak

"Lebaran dan mudik mengakibatkan anak kurang tidur, menurunkan daya tahan tubuh. Nah, kondisi ini bisa membuat anak rawan kena selesma atau batuk pilek, karena kecapekan," ujar dr Piprim dalam Webinar secara online.

"Kemudian juga masalah kerumunan ke sana-sini ketemu banyak orang penyakit selesma karena ini penyakit masyarakat, umum terjadi," sambungnya.

Sehubungan dengan ini, dr Piprim menjelaskan kalau kondisi masih di tengah Covid-19 membuka ruang lebih besar terjadi penularan. Sebagaimana kita tahu gejala dari Covid-19 juga berupa selesma atau flu dan batuk.

Ia pun menyebutkan adanya pandemi Covid-19 masih berlanjut, efek dari adanya kerumunan di tengah masyarakat. Kondisi yang lemah atau kecapean, memudahkan anak akan terserang berbagai penyakit, terutama selesma.

"Kemudian juga Covid-19 ini belum hilang mungkin masih epidemik dan ini juga dipicu oleh adanya kerumunan. Apalagi anak-anak tidak dilengkapi tidak dilengkapi dengan imunisasi yang lebih kuat, seperti imunisasi influenza dan lainnya, bisa memicu penyakit karena efek bertemu banyak orang dan juga kondisinya capek memudahkan terinfeksi ataupun tertular," jelas dr Piprim.

Heboh Ratusan Anak Sakit Ginjal Akut, IDAI Soroti Pengawasan Obat Online

Sehingga dr Piprim menganjurkan agar anak-anak berisitirahat karena dengan itu bisa membantu memulihkan kondisi anak lebih baik.

4 Penyakit Anak yang Perlu Diwaspadai Pasca-Lebaran!

Melansir dari berbagai sumber, umumnya gejala-gejala common cold atau selesma muncul 1-3 hari setelah terpapar virus. Gejalanya sama pada orang dewasa dan anak-anak.

Terkadang gejala bertahan lebih lama pada anak-anak, gejala biasanya muncul meliputi pilek (hidung tersumbat) atau berair, sakit tenggorokan, batuk. Kemudian, juga disertai nyeri badan atau otot, sakit kepala ringan, bersin, suhu yang meningkat, tekanan di telinga dan wajah Anda.

Topik Menarik