SIPRI: Pengeluaran Militer Dunia Capai Yang Tertinggi Sepanjang Masa

SIPRI: Pengeluaran Militer Dunia Capai Yang Tertinggi Sepanjang Masa

Seleb | BuddyKu | Selasa, 25 April 2023 - 05:36
share

Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), badan pengawas yang berkantor di Swedia, mengatakan telah terjadi peningkatan pengeluaran militer global selama delapan tahun berturut-turut, yang mencapai tingkat tertinggi sepanjang masa pada tahun 2022 dengan jumlah US$2,24 triliun.

Dalam laporan yang dirilis hari Senin (24/4), SIPRI mengatakan pengeluaran militer secara global meningkat 3,7%; tetapi pengeluaran militer Eropa naik tajam hingga 13% atau berarti peningkatan paling tajam dalam setidaknya 30 tahun. Bantuan militer ke Ukraina dan meningkatnya kekhawatiran akan potensi ancaman dari Rusia sangat mempengaruhi keputusan pengeluaran banyak negara, tambah laporan itu.

Pengawas independen Swedia itu mengatakan tahun lalu, tiga pembelanja senjata terbesar di dunia adalah Amerika, China, dan Rusia; yang di antara mereka menyumbang 56% pengeluaran militer global.

Kenaikan ini adalah tanda bahwa kita hidup di dunia yang semakin tidak aman, ujar Nan Tian, peneliti Program Pengeluaran Militer & Produksi Senjata SIPRI.

Rusia Invasi Ukraina, Sejumlah Negara Tingkatkan Belanja Militer

Beberapa negara secara signifikan meningkatkan pengeluaran militer mereka pasca invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022. Sementara lainnya mengumumkan rencana menaikkan tingkat pengeluaran selama sepuluh tahun ke depan.

Sebagian peningkatan belanja militer paling tajam terlihat di negara-negara dekat Rusia, yaitu Finlandia (36%), Lithuania (27%), Swedia (12%) dan Polandia (11%).

Topik Menarik