Penjelasan Glukosa: Zat yang Tidak Dihasilkan oleh Hati

Penjelasan Glukosa: Zat yang Tidak Dihasilkan oleh Hati

Seleb | BuddyKu | Sabtu, 22 April 2023 - 11:02
share

JAKARTA, celebrities.id Glukosa merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi.

Namun, keberadaannya justru dikhawatirkan oleh masyarakat karena jika kadar glukosa dalam tubuh berlebihan akan menyebabkan timbulnya penyakit.

Oleh sebab itu, mengenal glukosa dan fungsinya penting untuk dilakukan.

Penjelasan Glukosa

Glukosa adalah senyawa organik dalam bentuk karbohidrat yang berjenis monosakarida.

Jenis ini dikenal sebagai karbohidrat yang paling sederhana dan tidak dapat dipecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi.

Maka dari itu glukosa juga disebut sebagai gula sederhana. Glukosa bisa kamu temukan di sayuran, buah-buahan, produk olahan susu dan roti. Namun, glukosa sebenarnya diproduksi oleh daun dari tumbuhan hijau.

Glukosa tidak dihasilkan oleh organ hati, karena hati mengekskresikan empedu yang berupa cairan yang mengandung kolesterol, garam mineral, garam empedu serta pigmen bilirubin dan biliverdin.

Glukosa dihasilkan oleh organ pankreas yang kemudian diproses untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Tubuh memiliki tiga cara untuk memproses glukosa, yaitu melalui enzim di saluran pencernaan, hormon insulin dan hormon glikogen.

Ketiganya ini akan bekerja setiap hari menjadi proses yang ideal dalam mengkonversi glukosa menjadi energi.

Pertama, enzim yang berada di saluran pencernaan akan membantu mencerna karbohidrat menjadi glukosa.

Kedua, hormon insulin akan dilepaskan oleh organ pankreas guna memindahkan glukosa dari darah ke dalam sel sebagai energi.

Sisa glukosa yang tidak terpakai akan terpecah menjadi glikogen dan disimpan di liver atau otot.

Ketiga, hormon glukagon dari pankreas akan kembali mengubah glikogen menjadi glukosa sewaktu-waktu diperlukan.

Di tahap yang bersamaan, pankreas akan menghentikan pelepasan hormon insulin.

Fungsi dan Manfaat dari Glukosa

Glukosa bermanfaat bagi tumbuhan karena zat ini dialirkan ke seluruh jaringan tanaman yang berfungsi sebagai makanan bagi pada tanaman tersebut.

Dengan adanya glukosa, tanaman mampu bertumbuh kembang sampai cukup besar untuk menghasilkan bunga yang akan bertahap menjadi buah.

Jika tidak berbuah, glukosa akan tetap memberikan manfaat bagi tanaman agar menjadi besar, lebat, dan kuat.

Sedangkan bagi manusia, glukosa memiliki fungsi utama sebagai sumber energi bagi hampir seluruh sel dalam tubuh seperti sel otak, saraf, darah merah, hingga beberapa sel retina dan lensa mata.

Sebagai fungsinya dalam menjadi sumber energi, glukosa memberikan manfaat yaitu dengan menghasilkan ribosa yang berfungsi untuk membentuk DNA, RNA, dan NADPH.

Glukosa juga membantu mencegah sel saraf di jaringan otak keracunan ammonia dan juga membantu tubuh menerima oksigen yang dilepaskan hemoglobin yang terjadi setelah glukosa menjadi komponen pembentuk senyawa biphosphogliserat.

Penyakit yang Ditimbulkan oleh Glukosa

Selain banyaknya fungsi dan manfaat glukosa yang bisa membantu tubuh, ada pula penyakit yang bisa ditimbulkan oleh glukosa jika dikonsumsi dengan tidak terkendali dan berlebihan. Penyakit tersebut biasa kita sebut dengan diabetes.

Diabetes adalah kondisi di mana proses metabolisme glukosa tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Penyakit ini disebabkan oleh dua faktor yang dikenal sebagai diabetes tipe satu dan dua.

Pada tipe satu, sel imun menyerang sel-sel pankreas sehingga tubuh kekurangan jumlah insulin.

Pada tipe dua, bisa disebut resistensi insulin. Resistensi insulin adalah organ hati yang tidak mengenali insulin yang sudah ada sehingga memproduksi glukosa secara terus-menerus.

Meningkatnya jumlah glukosa tentu dapat berdampak pada organ pankreas yang telah bekerja secara berlebihan hingga pada akhirnya organ tersebut rusak dan tidak bisa lagi memproduksi insulin.

Jika pankreas sudah tidak bisa bekerja, maka tingkat glukosa atau gula darah bisa semakin tidak terkendali dan akan menimbulkan resiko terjadinya komplikasi serius seperti penyakit jantung, kebutaan, infeksi kulit, dehidrasi parah, koma, dan termasuk juga ketoacidosis.

Maka dari itu, pentingnya menjaga kadar glukosa dalam tubuh kita agar tetap stabil agar tidak menimbulkan penyakit seperti yang disebutkan di atas, tetap jaga gula darah kamu ya, Celeb Hitz!

Topik Menarik