KPK Temukan Saham Rafael Alun Ayah Mario Dandy di 6 Perusahaan

KPK Temukan Saham Rafael Alun Ayah Mario Dandy di 6 Perusahaan

Seleb | BuddyKu | Rabu, 1 Maret 2023 - 12:01
share

JAKARTA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan adanya aset berharga ayah Mario Dandy Satriyo (20), Rafael Alun Trisambodo yang tidak dirincikan di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 2022. Aset mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) itu berupa saham Rafael Alun di enam perusahaan yang berbeda.

"Iya disebutkan di LHKPN terakhirnya. Tapi akses publik hanya sampai total surat berharga saja. Detailnya ya itu tadi, saham di enam perusahaan," ujar Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan saat dikonfirmasi, Rabu (1/3/2023).

Dari laporan harta kekayaan terakhirnya ke KPK pada 2022, Rafael Alun Trisambodo tercatat memiliki surat berharga senilai Rp1.556.707.379 (Rp1,5 miliar). Namun, tidak dirincikan jenis surat berharga yang dilaporkan Rafael Alun ke lembaga antirasuah.

Hal tersebut juga yang menjadi pertanyaan KPK. "Apa masuknya di surat berharga Rp1.556.707.379 ini ya?" tanya Pahala.

Rafael saat ini sedang diklarifikasi tim Kedeputian Pencegahan KPK soal harta kekayaannya yang bernilai fantastis. KPK menemukan adanya ketidaksesuaian antara harta kekayaan Rafael Alun dengan penghasilannya sebagai eselon III DJP Kemenkeu.

Rafael merupakan ayah dari Mario Dandy Satriyo, pelaku penganiayaan terhadap D, anak pengurus Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Jonathan Latumahina. Mario telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus penganiayaan tersebut.

Kasus itu viral dan kemudian berbuntut panjang. Ayah Mario Dandy, Rafael Alun ikut terseret. Gaya hidup glamour Mario Dandy menjadikan pertanyaan terhadap sosok sang ayah.

Setelah ditelusuri, Rafael Alun ternyata memiliki harta kekayaan yang fantastis yakni sebesar Rp56,10 miliar. Ada peningkatan harta kekayaan Rafael Alun yang cukup signifikan.

(rca)

Topik Menarik