Sule Dituding Terlibat dalam Kasus Dugaan Penistaan Agama hanya karena Tertawa, Pelapor: Nanti akan Ada Proses Hukum

Sule Dituding Terlibat dalam Kasus Dugaan Penistaan Agama hanya karena Tertawa, Pelapor: Nanti akan Ada Proses Hukum

Seleb | BuddyKu | Senin, 6 Februari 2023 - 20:41
share

JAKARTA, celebrities.id - Komedian Sule terseret dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan penistaan agama yang melibatkan dua sahabatnya, Budi Dalton dan Mang Saswi.

Syahrul Rizal selaku pelapor mengklaim keterlibatan Sule dilihat dari reaksi sang komedian yang ikut menertawakan guyonan Budi Dalton terkait perkataan Miras, kependekan dari Minuman Rasulullah.

"Nah, kalau dari pandangan saya sebagai umat Islam yang merasa dirugikan oleh perlakuan mereka atau perbuatan mereka itu ya jelas itu Sule juga terlibat. Untuk mengetahui apa dia bersalah atau tidak nanti akan ada proses hukum," kata Syahrul Rizal usai menjalani pemeriksaan perdana di Polda Metro Jaya, Senin (6/2/2023).

Hal senada juga disampaikan Muhammad Mualimin selaku kuasa hukum. Dia mencurigai adanya maksud penistaan agama yang dilakukan ketiga terlapor dalam tayangan YouTube tersebut.

"Jangan-jangan karena banyak menggunakan bahasa Sunda, kenyataan yang ada di lapangan waktu kejadian itu terlapor ini juga terkait atau terlibat dalam upaya-upaya melecehkan atau menistakan agama," ujar Mualimin.

"Itu yang ingin kami dan penyidik dalami gitu. Karena kan mengingat, ada orang yang mengatakan miras minuman Rasulullah kan malah teman-temannya dalam satu forum itu tertawa-tawa seolah tidak ada yang salah," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Mualimin juga menanggapi bullying yang diterima kliennya dari netizen setelah membuat laporan tersebut.

"Seolah-olah, \'Ini orang masalahnya apa sih? Kok Sule ini, mang Saswi ini dilaporkan karena hanya tertawa gitu?\'. Itu kan sebuah kesimpulan yang terlalu dini gitu," katanya.

Topik Menarik