Verrell Bramasta Kena Bali Belly saat Liburan ke Pulau Dewata, Penyakit Apa Itu?

Verrell Bramasta Kena Bali Belly saat Liburan ke Pulau Dewata, Penyakit Apa Itu?

Seleb | BuddyKu | Kamis, 2 Februari 2023 - 13:05
share

JAKARTA, celebrities.id - Verrell Bramasta saat ini tengah liburan bersama teman-temannya di Bali. Namun, di balik keseruan liburannya itu dia dikabarkan mengalami Bali Belly.

Kondisi Verrel Bramasta diketahui dari story Instagramnya, terlihat harus berbaring bahkan di bawa ke rumah sakit.

"Jadi teman kita satu ini kena Bali Belly gaes, tolong minta doanya ya karena dia makan es batu," kata Jordan dalam video yang diunggah kembali distory Verrel @Bramastavrl, Kamis (2/2/2023)

Nama penyakit Bali Belly memang masih tabu di masyarakat, melansir dari berbagai sumber bahwa itu sebutan lain dari diare bagi wisatawan.

Dapat disebabkan oleh konsumsi bakteri yang terdapat dalam makanan dan air yang terkontaminasi.

Ketika seseorang mengidap Bali Belly, bisa memiliki gejala seperti: Kram, Mual, Muntah, Kembung dan Diare. Kondisi ini biasa terjadi pada Minggu pertama bagi wisatawan di tempat baru.

"Saat tubuh Anda mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan bakteri baru. Bali Belly dapat hilang dalam hitungan hari, namun kasus yang lebih serius dapat memerlukan rawat inap jika Anda mengalami dehidrasi parah," tulis keterangan dalam website scti.

Apakah Bisa Menular?

Mengingat Bali Belly disebabkan oleh bakteri, parasit, dan virus. Tentunya dapat ditularkan antarmanusia dan juga melalui makanan dan air.

Jadi, jika sedang merawat orang yang sakit, cucilah tangan secara teratur dan bersih, hindari menyentuh wajah, dan jangan berbagi makanan dan minuman.

Sekadar informasi, menurut situs web TravelHealthPro Departemen Kesehatan Inggris hingga 20% pengunjung ke wilayah tertentu berisiko tinggi akan menderita diare bagi pelancong (wisatawan) selama perjalanan mereka.

Meskipun tingkat keparahan penyakit perut bisa sangat bervariasi, ada baiknya berhati-hati untuk menghindari kondisi seperti Bali Belly ke mana pun Anda bepergian.

Topik Menarik