Mengenal Sosok Pratiwi Pudjilestari Sudarmono, Profesor yang Dikaitkan dengan Karakter Christine Hakim di Serial The Last of Us

Mengenal Sosok Pratiwi Pudjilestari Sudarmono, Profesor yang Dikaitkan dengan Karakter Christine Hakim di Serial The Last of Us

Seleb | BuddyKu | Jum'at, 27 Januari 2023 - 14:51
share

JAKARTA, celebrities.id - Christine Hakim hebohkan media sosial dengan bermain di serial HBO \'The Last of Us\'. Dia terlihat dalam episode dua.

Bahkan, kemunculan Christine Hakim di serial Amerika Serikat tersebut mendapat sorotan khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

"Bangga banget! Semoga aktor, aktris, maupun tempat di Indonesia semakin dikenal di kancah perfilman internasional," tulisnya di Instagram, beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, satu netizen Twitter dengan nama akun @pjmcolossalcock membagikan unggahan tak biasa membahas soal serial \'The Last of Us\' itu.

Menurutnya, kemunculan Christine Hakim di serial itu mengingatkan dia akan sosok perempuan hebat Indonesia yang namanya pun besar di kancah Internasional. Adalah Profesor Pratiwi Pudjilestari Sudarmono.

"Melihat episode kedua \'The Last of Us\' mengingatkan saya pada guru yang luar biasa dan menginspirasi saya, yaitu Profesor dr Pratiwi Pudjilestari Sudarmono, Ph.D., SpMK(K); Mantan Ketua Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang ditetapkan sebagai astronot pertama Indonesia," tulis si netizen, dikutip MNC Portal, Jumat (27/1/2023).

Si netizen bercerita kalau dia bertemu dengan Prof Pratiwi saat dia sedang mengerjakan tesisnya beberapa tahun lalu. Di Laboratorium Mikrobiologi FKUI dia bertemu dengan profesor Pratiwi.

"Berkesempatan untuk bertemu langsung dengan Prof Pratiwi beberapa kali meski dia selalu sibuk. Dia adalah guru yang sangat berdedikasi dan masih sangat aktif," tulisnya.

Prof Pratiwi saat ini diketahui menjabat sebagai kepala tim ahli staf Mikrobiologi Klinik di Lab Mikrobiologi FKUI dan sangat terbuka untuk penelitian penyakit menular.

Rekam jejaknya sebagai ilmuwan tidak diragukan lagi. Salah satu yang paling menggemparkan adalah Prof Pratiwi ditunjuk sebagai astronot pertama Indonesia.

Ada kaitan antara Christine Hakim di \'The Last of Us\' dengan Prof Pratiwi. Jadi, di serial itu, Christine Hakim diceritakan berperan sebagai perempuan bernama Ratna Pertiwi yang berprofesi sebagai Ilmuwan Mikrobiologi Universitas Indonesia.

Background itu yang sepertinya mengingatkan si netizen akan sosok Prof Pratiwi. Dari namanya saja sudah ada kemiripan, ya.

Lebih lanjut, sosok Prof Pratiwi bisa dibaca biodatanya di laman resmi Universitas Indonesia. Berdasar antauan MNC Portal, Prof Pratiwi tercatat mendapat gelar kedokteran dari FKUI pada 1976. Kemudian ia menerima kursus penelitian PhD di bidang Biologi Molekuler dari Universitas Osaka, Jepang.

Setelah kembali dari Jepang, pada 1985 Prof Pratiwi pergi ke Johnson Space Center Amerika Serikat untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat Astronot Spesialis.

Dia diketahui terlibat dalam proyek Nasa pada 1986, meski misi tersebut harus dihentikan karena suatu insiden. Akhirnya, di 1992 dia memperoleh pengakuan sebagai Spesialis Mikrobiologi Klinik.

Saat ini, dia masih aktif sebagai dosen Departemen Mikrobiologi FKUI. Sejak 2008, Prof Pratiwi diangkat sebagai Guru Besar Kehormatan Ilmu Mikrobiologi FKUI.

Topik Menarik