Kalimat yang Sangat Dibenci Allah Menurut Hadits

Kalimat yang Sangat Dibenci Allah Menurut Hadits

Seleb | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 09:39
share

KALIMAT yang sangat dibenci Allah menurut hadits . Setiap orang diingatkan untuk tetap menjaga perbuatan dan lisan. Misalnya menghindari ghibah atau mengucapkan cacian, menghina, atau kata-kata kotor serta menyakitkan, baik dalam keadaan sadar maupun tidak.

Sebagaimana telah Okezone himpun, ternyata ada kalimat yang sangat dibenci Allah Subhanahu wa Ta\'ala . Dari Abdullah bin Mas\'ud radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Kalimat yang paling Allah benci, seseorang menasihati temannya, \'Bertakwalah kepada Allah\', namun dia menjawab: Urus saja dirimu sendiri\'." (HR Baihaqi dalam Syu\'abul Iman, HR An-Nasa\'i dalam kitab Amal al-Yaum wa al-Lailah dan dishahihkan Syekh Al Albani dalam As-Shahihah)

Allah Subhanahu wa Ta\'ala membenci perbuatan tersebut karena termasuk bentuk kesombongan, serta dapat menyakiti perasaan orang lain yang mengajak dirinya untuk berbuat baik.

Sikap sombong tersebut juga pernah juga dialami oleh Nabi Nuh \'Alaihi salam. Beliau pun mengadu kepada Allah Azza wa Jalla terkait kesombongan kaumnya yang tidak mau menyembah Allah Ta\'ala.

Allah Subhanahu wa Ta\'ala berfirman dalam Surat Nuh:

(5) (6) (7) .

Artinya: "Nuh berkata, \'Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang, Maka seruanku itu hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran). Setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (ke mukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan sangat menyombongkan diri\'." (QS Nuh: 57)

Oleh karena itu, umat Islam diimbau untuk selalu berhati-hati dalam menjaga kalimat-kalimat . Menahan ucapan dari segala sesuatu yang dapat menyakiti hati seseorang, sehingga mengingatkan satu sama lain sesama Muslim adalah suatu kewajiban guna menghindari kemunkaran.

Wallahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik