Lord Rangga Sempat Mengidap Penyakit Paru-Paru Sebelum Meninggal, Ini 6 Gejalanya!

Lord Rangga Sempat Mengidap Penyakit Paru-Paru Sebelum Meninggal, Ini 6 Gejalanya!

Seleb | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 14:00
share

NETIZEN bersedih sosok fenomenal Edi Raharjo atau yang lebih dikenal sebagai Lord Rangga meninggal dunia, Rabu (7/12/2022) pagi tadi. Namanya menggema di linimasa media sosial Twitter hingga menempatkannya di jajaran trending topik.

"Panutanku setelah Gajah Mada. Semoga Mendapatkan tempat terbaik disisinya Lord. Kalimat kalimatmu selalu tertanam di kepala kami. Anda adalah Manusia Cerdas. Cara Pandangmu akan menjadi Ilmu bagi Kami. Selamat Jalan Lord Rangga Sasana," kata @AlesPamungkas.

Lord Rangga

Untuk diketahui, Lord Rangga dikabarkan meninggal tadi pagi sekitar pukul 05.30 WIB. Berdasarkan keterangan kakak kandung Lord Rangga, Cayu Nurhemah, almarhum meninggal karena telah bertahun-tahun mengidap penyakit paru-paru.

Cayu mengatakan, Lord Rangga sudah menderita penyakit paru-paru selama dua tahun. Menurutnya, beberapa kali Lord Rangga juga pernah muntah darah.

Melansir laman resmi American Lung Association, berikut paparan gejala penyakit paru-paru.

1. Batuk kronis

Batuk sesekali itu wajar, ttapi kalau batuk secara terus menerus bahkan selama delapan minggu atau lebih? Maka ini sudah dianggap sebagai batuk kronis. Ini adalah gejala awal penting yang menandakan ada yang bermasalah pada paru-paru Anda.

2. Sering sesak napas

Jika mengalami sesak napas yang tidak kunjung hilang, misalnya pasca berolahraga, hanya sedikit beraktivitas atau bahkan tak beraktivitas sama sekali. Patut dicurigai, karena sulit untuk menarik napas dan sesak napas juga merupakan tanda peringatan dini.

3. Lendir kronis

Terus-terusan berdahak atau berlendir juga jadi salah satu sinyal paru-paru bermasalah. Lendir atau dahak diproduksi oleh saluran udara sebagai pertahanan terhadap infeksi atau iritasi. Jika produksi lendir sudah berlangsung sebulan atau lebih, ini bisa mengindikasikan penyakit paru-paru.

4. Mengi

Mengi merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang tidak biasa menghalangi saluran udara paru-paru atau ada sesuatu yang membuatnya salurannya jadi sempit. Akibatnya saat bernapas terdengar bunyi mengi.

5. Batuk darah

Jika pernah mengalami batuk hingga mengeluarkan darah, kemungkinan darah ini berasal dari paru-paru atau saluran pernapasan bagian atas. Sejatinya, dari mana pun asal darah, jika sampai mengalami batuk berdarah artinya memang ada masalah kesehatan pada tubuh Anda.

6. Nyeri dada kronis

Nyeri dada yang tidak dapat dijelaskan rasanya, terjadi selama satu bulan atau lebih, apalagi memburuk saat kita menarik napas atau batuk juga merupakan ciri-ciri ada masalah di paru-paru kita.

Topik Menarik