Goa Selomangleng Peninggalan Kerajaan Kahuripan

Goa Selomangleng Peninggalan Kerajaan Kahuripan

Seleb | BuddyKu | Rabu, 7 Desember 2022 - 06:52
share

JEMBER,iNews.id - Goa Selomangleng berada di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Goa ini merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Jika kamu pecinta sejarah mungkin tempat ini bisa menambah pengetahuanmu

Goa ini adalah salah satu tempat yang digunakan untuk bertapa oleh Kerajaan Kahuripan. Lokasi Goa ini berada di Kecamatan Mojoroto, tempat ini hanya berjarak 5-6 kilometer dari Stasiun Kediri dan dapat ditempuh selama 20 menit saja.

Goa Selomangleng buka selama 24 jam nonstop. Seperti dikutip dari Tribun Travel, jika ingin masuk ke dalam Goa hanya perlu membeli karcis masuk sebesar Rp 2.000 untuk pengunjung anak-anak dan Rp 4.000 untuk pengunjung dewasa.

Tak jauh dari lokasi Goa terdapat sebuah museum, yaitu Museum Airlangga yang menerapkan harga tiket mulai dari Rp 500 untuk anak-anak dan Rp 1.500 untuk orang dewasa. Museum ini menampilkan beberapa peninggalan dari Kerajaan Kediri dan Kerajaan Majapahit.

Didalam Goa Selomangleng terdapat beberapa peninggalan Kerajaan Kahuripan. Salah satu peninggalan tersebut adalah relief yang berada di sekitar dinding goa. Terdapat banyak spot foto di area gua, antara lain di depan mulut gua, di atas bukit, dan di depan gerbang sebuah pura.



Topik Menarik