Menkes Budi Sebut Puncak Gelombang Covid-19 di Indonesia Sudah Tiba

Menkes Budi Sebut Puncak Gelombang Covid-19 di Indonesia Sudah Tiba

Seleb | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 15:46
share

JAKARTA , iNewsSemarang.id - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menyebutkan kalau puncak dari gelombang Covid-19 di Indonesia sudah tiba. Hal tersebut lantaran varian baru Omicron XBB dan BQ.1 telah mendominasi yaitu sekitar 90% kasus. Sebagaimana diketahui, sifat dari varian ini, dikenal lebih mudah menular dibandingkan varian sebelumnya.

Namun, Menkes Budi mengatakan, jika sudah sampai di puncaknya, Indonesia segera mengalahkan tren penurunan kasus dengan cepat. Kalau yang pengamatan kita sekarang puncaknya, sudah sampai dipuncaknya. Jadi nanti trennya akan menurun, jelas Menkes Budi kepada wartawan di Gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KemenPMK), Selasa (6/12/2022).

Sehubungan dengan itu, Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril mengatakan, sebanyak 2.449 pasien telah meninggal dunia pada periode 4 oktober sampai 21 November. Sekitar 82% diantaranya belum mendapatkan vaksin booster Covid-19.

Kemudian, jumlah kasus Covid-19, sekarang lebih banyak di pulau Jawa-Bali. Kendatinya, dr Syahril meminta semua pihak untuk bekerja bersama untuk mempercepat Indonesia mencapai akhir pandemi.

Dengan mendorong vaksinasi primer dan booster, khususnya bagi mereka kelompok rentan yaitu lansia. Upaya vaksinasi menjadi bagian upaya atau strategi kita dalam mencapai atau menuju berakhirnya pandemic Covid-19, jelas dr Syahril.

Topik Menarik